Bangkalan

Karantina Pertanian Bangkalan Peringati Hari Karantina Pertanian ke 143

Bangkalan – Metroliputan7.com, Hari Karangtina Pertanian pada 18 Oktober 2020 diperingati dengan cara Upacara secara virtual yang dipimpin langsung oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL), Karantina Pertanian Bangkalan menindak lanjuti dengan mengadakan rangkaian kegiatan antara lain, pembagian masker dan penyanitasi tangan kepada pengguna jasa di Tujuh (7) Wilayah Kerja yang tersebar di pulau Madura, Sabtu (24/10/2020).

Puncak Perayaan Hari Karantina Pertanian ke 143 diselenggarakan pada Sabtu 24 Oktober 2020 dengan mengadakan sosialisasi Perkarantinaan dan pelaksanaan Repid Tes Covid-19 untuk semua pegawai di halaman Kantor Karantina Pertanian Bangkalan.

Drh Heli Afiantoro selaku pemateri menyampaikan, bahwa kunci Keberhasilan Karantina Pertanian adalah pada Kesadaran masyarakat.

Masyarakat yang paham dan sadar akan Karantina, maka segala macam resiko masuknya penyakit, masuknya pangan yang tidak sehat, hewan atau tanaman yang berpotensi merusak bisa dicegah.

Dalam melaksanakan tugas dilapangan, Karantina Pertanian Bangkalan bersinergi dengan berbagai instansi, Baik Bea Cukai, BPOM, Kepolisian, TNI, Syahbandar, saling bahu membahu melindungi pulau Madura, seiring dengan penandatangan kerjasama yang telah dilakukan oleh Badan Karantina Pertanian terkait dengan Operasional perkarantinaan sesuai dengan tagline Hari Karantina Pertanian ke 143 yaitu, Bersinergi melindungi Negeri menuju pertanian yang maju, mandiri dan Modern.

Agus Mugiyanto, Kepala Karantina Pertanian Bangkalan mengatakan, tugas pokok dan fungsi dari Karantina sesuai dengan Undang-undang No.21 Tahun 2019 adalah untuk mencegah masuk dan tersebarnya HPHK dan OPTK di Wilayah Indonesia itu yang harus di ketahui oleh Masyarakat Khususnya Masyarakat Madura, Kesadaran Masyarakat akan adanya Karantina Pertanian terus meningkat, yang ditandai dengan banyaknya komoditas yang dilaporkan saat memasukkan dan mengeluarkan Hewan dan Tumbuhan di Pulau Madura.

Journalist : Sul

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker