Jawa Barat

Peringatan Maulid Agung Nabi Muhammad SAW 1442 H dan Haul Panembahan Syekh Daqo

Kuningan – Metroliputan7.com, Ratusan jamaah memadati peringatan Maulid Agung Nabi Muhammad SAW, Majelis Ziarah Awliya dan Haul Panembahan Syekh Daqo Desa Lengkong, Kecamatan Garawangi, Kabupaten Kuningan, Selasa (27/10/2020) siang.

Hujan yang turun rintik -rintik di lokasi acara tak menghalangi jamaah untuk tetap mengikuti acara hingga selesai.

Panitia Acara menjelaskan, Peringatan Maulid Agung Nabi Muhammad SAW dan Haul Panembahan Syekh Daqo ini adalah kegiatan yang diselenggarakan secara rutin setiap tahun oleh Majelis Ziarah Awliya.

Acara dihadiri Maulana Al Habib Muhammad Luthfi Bin Ali Bin Hasyim Bin Yahya dalam sambutanya, Baginda Nabi Muhammad SAW mencontohkan bagaimana caranya membangun peradaban masyarakat, mengajarkan tentang Nasionalisme dari sebelum lahir sampai dilahirkanya, bagimana perjuangannya beliau dalam membangun Umat, membangun masyarakat dan lain sebagainya, tidak hanya dalam sisi Agama saja.

Nasionalisme sudah diajarkan oleh Baginda Nabi Muhammad SAW.

Kata Kyai Kusnadi, kegiatan ini sebagai momentum untuk mengenalkan sejarah para Alim Ulama khususnya Panembahan Syekh Daqo sebagai ulama Ahlussunah Wal Jamaah sekaligus Waliyullah pada jamannya.

“Selain itu juga berupaya mendekatkan kembali ingatan tentang beliau yang memiliki kedekatan historis di Jawa Barat khususnya Kuningan.

Sekaligus memupuk rasa cinta terhadap Allah SWT dan Rasul-Nya dengan menghadirkan manaqib, mengundang ulama, dan para cucu beliau sebagai penerus dakwah Rasullullah SAW, ” ujarnya.

Menambahkan, nasehat dan himbauan dalam rangka meningkatkan kualitas manusia Indonesia ini penting sesuai ajaran Aswaja dan menumbuh kembangkan kecintaan kepada Baginda Nabi Muhammad SAW mendapat prioritas utama dalam penyampaian yang dilakukan para Ulama.

“Secara khusus pula para Ulama menaruh harapan yang sangat besar terhadap Keutuhan dalam Berbangsa dan Bernegara sehingga tetap terwujud Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang Baldatun Toyibatun Warobbun Ghofur,” imbuhnya.

Acara diikuti kurang lebih ratusan muslimin baik sebagai panitia, tamu undangan dan partisipan perorangan lembaga swasta maupun instansi Pemerintah yaitu, Bapak H.Acep Purnama Bupati Kuningan dan Bapak AKBP.Lukman Syafri Kapolres Kuningan.

Selain itu ada juga kegiatan lain seperti pembacaan Maulid Burdah oleh El Fattah Musthofa Cirebon, Tidak lupa panitia dan seluruh undangan (Jamaah) tetap melaksanakan Protokol kesehatan agar terhindar dari wabah Pandemi Covid – 19.

Journalist : Nang/Ahmad Hidayat

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker