Jakarta

Sumsel Jadi Propinsi Pertama Tempat Pelantikan PWMOI

Jakarta – Metroliputan7.com Propinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) akan menjadi tempat pertama pelantikan pengurus tingkat wilayah Persatuan Wartawan Media Online Indonesia (PWMOI) yang didirikan wartawan senior, HM. Jusuf Rizal.

Kepastian tersebut disampaikan oleh Jusuf Rizal selaku Ketua Umum PWMOI, kepada sejumlah media di Jakarta terkait konsolidasi PWMOI sebagai organisasi yang mewadahi para wartawan/jurnalis media online di seluruh Indonesia itu.

Menurut Jusuf Rizal yang juga Presiden LSM LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) itu, PWMOI merupakan wadah tempat berkumpul dan berserikat para wartawan/jurnalis media online lintas organisasi maupun perusahaan.

Siapapun yang merasa menjadi reporter, penulis atau wartawan media online dapat bergabung di PWMOI.

“Kami harapkan PWMOI dapat menjadi wadah yang dapat memberikan perlindungan bagi para wartawan yang saat ini banyak dikriminalisasi atas tuduhan pelanggaran UU ITE, karena dilaporkan oleh oknum-oknum yang merasa terusik ketika pelanggaran-pelanggaran dimuat media.

PWMOI akan memberi bantuan hukum dan advokasi,” tegas Jusuf Rizal.

Selain masalah perlindungan hukum, lanjut Jusuf Rizal dengan begitu maraknya media online, ada kelemahan dalam penyediaan sumberdaya manusia yaitu wartawan yang profesional. Wartawan media online masih harus dibekali dengan pendidikan kompetensi dan sertifikasi agar tidak mudah terjerat hukum akibat pemuatan berita.

Jusuf Rizal yang juga aktivis pekerja dan buruh itu menyampaikan para wartawan juga akan dimobilisasi agar nanti memiliki kartu BPJS untuk kesehatan.

PWMOI akan menjalin kerjasama dengan BPJS agar wartawan juga memperoleh perlindungan kesehatan selain perlindungan hukum.

Terkait pelantikan pengurus tingkat wilayah Propinsi pertama, PWMOI Sulsel, menurutnya telah memberikan kepastian kesiapannya yang diharapkan pada bulan November 2020 sudah bisa dilantik.

Setelah dari Sulsel akan ke Sulawesi Tenggara (Sultra) dan Riau untuk kegiatan yang sama. Diharapkan bukan November 2020 ini juga.

“Kita akan lakukan percepatan pembentukan, baik di tingkat Propinsi maupun Kobupaten Kota di seluruh Indonesia.

Respon masyarakat wartawan cukup antusias, karena itu PWMOI harus mempersiapkan semua secara profesional,” papa pria berdarah Madura-Batak itu.

Journalist : Tim

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker