Jawa Barat

Pembentukan Pasukan Kualifikasi Khusus, Taipur VIII Kostrad Desember 22, 2020

Purwakarta – Metroliputan7.com, Kepala Staf Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kaskostrad) Mayjen TNI Ainurrahman menutup Latihan Pembentukan Taipur VIII Kostrad TA 2020 pada Sabtu 19-12-2020 di Lapangan Sub Detasemen Pemeliharaan Daerah Latihan (Subdenharrahlat) Kostrad Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat.

Tujuan pembentukan latihan Taipur ini adalah untuk melatih dan membentuk prajurit satuan jajaran Kostrad menjadi prajurit Taipur yang memiliki kemampuan khusus dalam melaksanakan tugas operasi di berbagai bentuk medan baik di rawa laut, hutan gunung dan perkotaan.

Dalam amanatnya, Kaskostrad membacakan amanat Pangkostrad, dimana Pangkostrad mengatakan jika sasaran dari latihan yang ingin dicapai adalah terwujudnya prajurit Taipur Kostrad yang memiliki kemampuan khusus dalam melaksanakan tugas operasi lawan gerilya, pertempuran pemukiman dan perkotaan, pertempuran jarak dekat, tugas intelijen sandhi yudha serta intelijen tempur aspek laut.

“Sebagai prajurit yang telah dilatih dan memiliki kualifikasi khusus, sungguh saya menaruh harapan yang besar pada kalian semua, agar selepas latihan ini, setiap prajurit Taipur memiliki tanggung jawab moral untuk senantiasa memelihara dan mengembangkan kemampuan yang sudah diperoleh selama latihan dengan sebaik-baiknya.

Karena dengan berbekal pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki, sebagai prajurit Taipur kalian telah mempunyai modal dasar yang cukup guna menyongsong tugas-tugas yang akan datang,” ungkap Pangkostrad.

“Pelihara dan tingkatkan terus kemampuan yang telah kalian peroleh selama mengikuti latihan. Prajurit Taipur merupakan kebanggaan Kostrad yang selalu siap kapanpun dan dimanapun ditugaskan untuk menjaga kehormatan Kostrad dengan meraih keberhasilan dalam setiap penugasannya,” pungkas Pangkostrad.

Mantan Menhan RI Ryamizard Ryacudu hadir pada acara penutupan ini, beliau adalah penggagas sekaligus pendiri satuan Taipur pada tahun 2001, pada saat menjabat sebagai Panglima Kostrad dengan tujuan agar Kostrad memiliki satuan khusus dengan kualifikasi khusus yang mampu melaksanakan operasi pengintaian dan eksekusi langsung di sasaran.

Satuan Taipur tersebut selain memiliki kemampuan tempur khusus juga dilengkapi dengan peralatan tempur khusus, seperti alat selam tempur close circuit, kendaraan bawah air dan berbagai jenis senjata canggih lainnya, dirilis Penkostrad.

Journalist : Munib

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker