Sampang

Narapidana Terbantu Kebijakan Asimilasi Pasca Pandemi

Sampang – Metroliputan7.com, Kebijakan Asimilasi yang di terbitkan Kemenkumham sejak pandemi Covid-19 ini sangat membantu sekali bagi Narapidana,Sampang (28/12/2020).

Lembaga Pemasyarakatan Rumah Tahanan negara (RUTAN) kelas IIB Sampang sejak masa pandemi Covid-19 ini sudah mengeluarkan Narapidana yang dapat Asimilasi.

Rahman selaku Kasubsi pelayanan tahanan Rumah tahanan negara (RUTAN) Kelas IIB Sampang kepada awak Metroliputan7 mengatakan, Sejak terbitnya Permenkumham No.10 Tahun 2020 tentang Syarat Pemberian Asimilasi dan Hak Integrasi bagi Narapidana dan Anak dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Covid-19.

Kepmenkumham No. M.HH-19.PK.01.04.04 Tahun 2020 tentang Pengeluaran dan Pembebasan Narapidana dan Anak melalui Asimilasi dan Integrasi dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Covid-19, dan Surat Edaran Ditjenpas No. PAS-497.PK.01.04.04 tentang hal yang sama, per-1 Mei 2020 kemarin.

Sebenarnya kebijakan ini merupakan suatu hal yang lazim, karena menurut Pasal 14 Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995, pada hakikatnya Narapidana memiliki beberapa hak, dan 2 diantaranya merupakan hak untuk memperoleh Asimilasi dan integrasi yang diatur lebih lanjut dalam Permenkumham No. M.HH-02.PK.05.06 Tahun 2010 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Asimilasi, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat.

Oleh karena itu, para Narapidana tentu tidak semata-mata dibebaskan, melainkan harus memenuhi beberapa syarat (Substantif dan Administratif) serta ketentuan yang tidak bertentangan dengan kepentingan umum dan rasa keadilan masyarakat.

Ketentuan mengenai Asimilasi dan Syaratnya tertuang dalam pasal dua Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI No. 10 Tahun 2020 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran di Tengah Wabah Covid-19.

Yaitu :
(1) Asimilasi Narapidana dilaksanakan di rumah dengan pembimbingan dan pengawasan balai pemasyarakatan.
(2) Narapidana yang dapat diberikan Asimilasi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) harus memenuhi syarat.

Tertulis :

  • Berkelakuan baik dibuktikan dengan tidak sedang menjalani hukuman disiplin dalam kurun waktu 6 (Enam) bulan terakhir.
  • Aktif mengikuti program pembinaan dengan baik dan Telah menjalani ½ (Satu per dua) masa Pidana.

“Semenjak kebijakan ini di terbitkan per 1 mei Pasca Pandemi, Sebanyak 231 Napi sudah di keluarkan oleh Rumah Tahanan negara (RUTAN) kelas IIB sampang,” ucap Rahman

Journalist : Hens

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker