Sampang

KKN Untag Surabaya Disambut Baik oleh Masyarakat Desa Bancelok, Kabupaten Sampang

Sampang – Metroliputan7.com, Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya tahun ini berbeda dengan KKN dengan tahun sebelumnya.

Di tengah pandemi Covid-19 ini, KKN dilakukan di tempat tinggal masing-masing.

Meskipun begitu, kegiatan KKN kali ini tidak menjadi masalah bagi mahasiswa dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat dilingkungan sekitarnya.

Nur Afifah mahasiswa Program Studi Administrasi Publik melakukan kegiatan KKN di RT.03/RW.03 Desa Bancelok, Kecamatan Jrengik, Kabupaten Sampang yang dibimbing oleh Kusnan, S.AP.,M.KP.

Kegiatan KKN ini dilaksanakan sejak tanggal 11-22 Desember 2020.
Program kerja yang dilakukan oleh Nur Afifah selama KKN adalah:

  1. Memberikan edukasi tentang bahaya virus Covid-19 pada peserta tingkat Sekolah Dasar di SD Bancelok 2 dan masyarakat Desa Bancelok.
    Tujuannya untuk meningkatkan pemahaman terhadap penyebaran virus dan pemahaman mengenai cara pencegahan virus Covid-19.
    Kegiatan ini dilakukan dengan memberikan susu, masker, hand zanitiser, tempat cuci tangan, dan hadiah.
    Nur Afifah menjelaskan tentang cara pencegahnnya dan langkah-langkah mencuci tangan dengan benar sesuai anjuran WHO, dan menjelaskan 3 M gejala-gejala yang dialami oleh pasien yang terinfeksi Covid-19, dan cara menggunakan masker yang benar.
  2. Melakukan pendampingan pembelajaran pada pelajar tingkat Sekolah Dasar di RT 03/RW 03 Desa Bancelok.
    Tujuannya membantu peserta didik untuk meningkatkan semangat atau motivasi belajar selama masa pandemi Covid-19 ini.
    Kegiatan ini dilakukan dengan mendampingi peserta belajar untuk mengerjakan tugas sekolah, serta memberikan sosialisasi tentang Covid-19 dan cara peningkatan motivasi belajar di masa pandemi Covid-19, serta memberikan snack, susu, alat tulis serta masker, dan hadiah agar minat belajar dapat meningkat.

Kegiatan KKN ini disambut baik oleh masyarakat, menurut Kepala Desa Bancelok program KKN sangat bagus untuk mengedukasi masyarakat yang masih awam terkait virus Covid-19 ini.

“Program seperti ini sangat bagus mbak, apalagi sekarang musim virus Covid-19 dan masyarakat awam masih kurang pemahaman terkait virus tersebut.

Harapannya ini bisa dimanfaatkan betul oleh masyarakat Bancelok.

Alhamdulilah, fasilitas tempat cuci sekarang sudah bertambah dengan adanya program dari kampus Untag Surabaya,” tutur Kepala Desa Bancelok

Journalist : Dmnhr

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker