Surabaya

Pengenalan Diri Dengan Disiplin

Surabaya – Metroliputan7.com, Disiplin merupakan hal yang ada pada pribadi masing-masing yang dapat menjadikan diri selalu menaati tata tertib atau peraturan yang sudah dibuat, sehingga dapat menjadikan individu yang berkualitas.

Dalam pelaksanaan tersebut, disiplin harus berkesinambungan dan dilakukan secara efisien, Sikap tersebut merupakan suatu tindakan yang sesuai dengan apa yang dipikirkan oleh manusia dan bukan apa yang dirasakan pada saat ini.

“Disiplin diri memang tidak mudah namun perlu usaha yang kuat untuk mewujudkannya yaitu komitmen yang tinggi dari diri individu untuk tetap konsisten dalam menjalan disiplin diri, karena dengan kondisi disiplin diri akan diperoleh manfaat yang sangat luar biasa,” ujar Nanda salah seorang Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Studi Akuntansi saat di konfirmasi awak media. Selasa (12//1/2021).

Namun dalam hal tersebut, banyak sekali hambatan atau rintangan yang terjadi dalam kehidupan manusia.

Untuk itu, sikap tersebut perlu adanya motivasi dan semangat untuk tetap bisa mendisiplinkan diri. Dan itu merupakan suatu siklus kebiasaan yang dilakukan secara terulang dan berkesinambungan.

Sementara sikap disiplin merupakan suatu kegiatan yang dilakukan setiap orang, sehingga menjadi suatu kebiasaan yang mengarah pada tercapainya kualitas diri yang lebih baik, dan dengan kondisi tersebut akan membentuk pribadi diri di masa depan dalam meraih tujuan hidup.

Dari berbagai cara, sifat yang utama dalam berdisiplin yaitu pengetahuan yang juga memerlukan introspeksi dan analisis diri.

“Tidak hanya dengan mengetahui diri, serta harus bisa menciptakan disiplin yang harus dibarengi dengan kesadaran serta komitmen dikarenakan kita harus sadar apa yang baik atau tidak baik untuk dilakukan,” tambahnya.

Namun semua itu membutuhkan waktu, dan kuncinya adalah menyadari perilaku. Dengan cara tersebut, memberikan kesempatan untuk membuat keputusan yang lebih baik sejalan dengan tujuan dan nilai-nilai.

Kemudian yang yang menarik dari mempelajari cara disiplin adalah Self-talk (berbicara pada diri sendiri dalam hati). Akan tetapi juga bisa sangat menguntungkan jika mampu mengkontrolnya.

Self-talk yang memiliki kemampuan untuk mengingatkan tujuan, membentuk keberanian, memperkuat komitmen dan membuat sadar akan tugas dan peran individu.

Sikap tersebut muncul saat dimana mulai lelah dan goyah, banyak cara atau hal yang dapat dilakukan oleh individu, mendisiplinkan diri yaitu berusaha selalu berfikir positif dan mengalahkan pikiran yang kurang baik, dan berusaha selalu focus pada tujuan yang ingin di capai dan membuat daftar hidup.

Journalist : Sum/Nang

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker