Surabaya

Pengaruh Pandemi Pada Lingkungan Kerja

Surabaya – Metroliputan7.com, Jawa Timur merupakan salah satu kota industri terbesar dipulau jawa yang meliputi banyak perusahaan-perusahaan, yang dapat memberikan peluang-peluang lapangan pekerjaan khusunya masyarakat Jawa Timur.

Namun, selama pandemi ini banyak sekali perusahaan yang terpaksa melakukan pengurangan dan juga banyak yang tidak membuka lowongan pekerjaan, sehingga memicu peningkatan angka pengangguran. Dan terjadi pemutusan hak kerja yang begitu besar. Pandemi menjadi masalah yang cukup signifikan, karena para pelamar akan kesusahan untuk mencari lapangan pekerjaan yang baru.

Sementara itu perusahaan berada diposisi serba salah. Disisi lain perusahaan harus tetap mempertahankan keberlangsungan usahanya agar perusahaan tidak menjadi bangkrut dan pola kerja yang ditentukan pada jarak fisik telah masuk ke sebagian besar aktifitas perkantoran menjadi kurang signifikan.

“Akan tetapi, jika perusahaan tidak mengurangi karyawan juga akan mengalami kebangkrutan dikarenakan pada masa pandemi ini banyak terjadi penurunan jumlah permintaan pasar”, ujar sharah, salah seorang mahasiswa saat di wawancarai awak media, Sabtu (16/1/2021).

Selain itu, perusahaan juga harus mengeluarkan dana yang lebih besar apabila mereka tidak mengurangi jumlah karyawannya yang membuat semakin anjloknya perekonomian perusahaan tersebut.

Nmaun, meskipun banyak pekerja yang di PHK maupun dirumahkan ada beberapa yang masih membuka lowongan pekerjaan yaitu pada sektor jasa kesehatan, jasa pendidikan, jasa keuangan, dan jasa asuransi. Akan tetapi, mereka hanya mencari tenaga kerja yang multitasking dan juga memiliki kualitas yang memenuhi kriteria-kriteria tertentu, supaya perusahaan memperoleh keuntungan yang besar dengan jumlah tenaga kerja yang minim.

Oleh karena itu bagi para pekerja yang telah kehilangan pekerjaannya, sebaiknya memutar otak dengan memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini (media sosial) untuk membuat inovasi-inovasi baru seperti usaha-usaha mikro. Sehingga mampu membantu mendongkrak roda perekonomian.

Journalist : Nang/Sum

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker