Surabaya

Peran Penting Tunjang Karir

Surabaya – Metroliputan7.com, Saat ini perkembangan teknologi begitu cepat, tentu saja perkembangan ini bertujuan mempermudah kehidupan manusia.

Akan tetapi perkembangan tersebut, membawa dampak yang cukup signifikan, Perubahan pola hidup dan karakteristik seseorang juga mengalami perubahan yang cepat.

Sementara perubahan karakteristik tersebut juga berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari.

“Seperti halnya dulu, manusia sering kali ketika berkunjung ke rumah seseorang memiliki karakter yang cenderung sopan. Ketuk pintu, mengucapkan salam menjadi hal yang wajar pada saat itu.

Tetapi kini, cukup dengan meberitahu via sosial media tanpa perlu mengetuk atau memberi salam lagi,” ujar Iqbal salah seorang pelajar dari Universitas Muhammadiyah Malang, Sabtu (16/1/2021).

Tentu saja perubahan karakter tersebut tidak disadari oleh kebanyakan orang. Sebenarnya hal yang penting adalah bagaimana karakter itu, seseorang bisa dalam menyikapi suatu hal, Itu sangat menjadikan suatu peran penting, bahkan untuk menunjang karir seseorang.

Namun, seseorang bisa diketahui melalui wawancara, kegiatan sehari-hari, atau bahkan saat test kepribadian, bahkan seseorang juga menentukan apakah memiliki kredibilitas yang tinggi atau tidak.

Seperti contoh diperusahaan, melakukan kegiatan interview kepada calon pekerja baru yang dilakukan agar HRD atau perusahaan tidak salah dalam merekrut seseorang untuk bekerja di perusahaannya.

“Tidak hanya dalam awal kerja saja, tetapi karakteristik seseorang juga bepengaruh dalam pekerjaannya, memang setiap orang memiliki karakteristik yang berbeda-beda, tetapi alangkah baiknya jika seseorang itu mampu menempatkan diri dan memahami karakteristik orang lain,” lanjutnya.

Hal tersebut, juga bisa digunakan sebagai pedoman dan penunjang karir, seperti dibuktikan dengan banyaknya perusahaan yang berhati-hati dalam merekrut seseorang.

Dalam melakukan interview, menjadi hal yang cukup meresahkan bagi pelamar, karena dalam kegiatan ini HRD akan menanyakan beberapa hal, dan akan mengetahui karakteristik masing-masing pelamar pekerjaan pada saat menjawab pertanyaan yang diajukan.

Akan tetapi, banyak juga orang yang cuek akan hal tersebut pada diri sendiri, dan banyak juga orang-orang yag tanpa mereka sadari memiliki karakter yang kurang cukup, atau bahkan banyak juga orang yang ingin merubah, tetapi tidak tahu bagaimana caranya.

“Dalam memperbaiki hal tersebut, guna menunjang karir, seseorang akan belajar dari kesalahan yang pernah ia lakukan serta diharapkan para pemuda dan pelamar kerja untuk memperbaiki diri dan dapat bersaing dalam dunia kerja, sehingga tidak akan adanya penolakan kerja atau dikeluarkan dari perusahaan,” pungkasnya.

Journalist : Sum/Nng

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker