Opini

Pengakuan Gus Irfan Yusuf Covid-19

Opini – Metroliputan7.com, Sejak awal pandemi peraturan menerapkan protokol kesehatan serta memakai masker tidak pernah lepas, bahkan ketika ada kegiatan tertentu wajib memakai masker KN95.

Olahraga secara rutin sudah dilakukan, bahkan terakhir bepergian ke jakarta dengan naik pesawat pada 10 maret 2020.

Setelah itu, cukup lama tidak bepergian apalagi dengan bertransportasi umum, Bertamu hampir tidak pernah, menerima tamu juga terbatas, tentu dengan menerapkan 3M serta jam tidur pun teratur dan terpenuhi sesuai kebutuhan orang seusia 50an.

Akan tetapi, karena tuntutan tugas mulai September 2020 ada beberapa kali pergi ke Jakarta guna untuk meminimalkan resiko, perjalanan menggunakan mobil dan kegiatan di jakarta tetap dengan protokol kesehatan.

Sepulang dari jakarta langsung melakukan test Swab PCR untuk memastikan tidak membawa virus ke keluarga, selalu menjaga aman dan sehat, pada 5 januari 2021 ada tamu yang minta ditemui di halaman dan tidak lebih dari 5 menit memberi tahu kalau dia positif Covid-19.

Tentunya agak kaget tapi hati berusaha tenang, lalu mengajak istri dan anak perempuan untuk Tes Swab PCR.

Rabu malam ketika terbangun dari tidur, seperti biasanya ambil Handphone lalu lihat di Watsaap ada pemberitahuan dari Rumah Sakit tentang hasil Swab PCR.

Alhamdulillah, kami bertiga diberi ujian, Positif Covid-19, terus rutinitas malam sampai Subuh Ba’da Sholat Subuh, lalu menyampaikan ke Istri dan anak tentang hasil Swab.

Alhamdulillah, keduanya tenang dan tidak panik, apalagi mereka berdua tidak ada gejala apapun.

Kemudian mengumpulkan para Santri dan memberitahukan kondisi yang sebenarnya, dan minta mereka tetap tenang.

Jujur untuk mengungkapkan berita ini tidak kuat bicara di depan mereka, tapi hati berusaha terlihat tenang.

Lalu menghubungi kontak ke Kepala Dinas Kesehatan Jombang, yang kebetulan kenal baik, lalu berkomunikasi dengan dr. Herri Munajib, dari Satgas Covid-19 RMI PBNU.

Karena hari Selasa sempat ke kantor Pondok Tebuireng, walaupun tidak melepaskan masker tetapi sudah diberitahu mereka dan minta mereka untuk mengamati kondisi fisik mereka, kalau perlu melakukan test.

Lurah dan RW setempat sudah diberi informasi, karena keluarga kami tidak ada gejala yang mengkhawatirkan, dokter menyarankan isolasi mandiri di rumah.

Crew di rumah segera saya kirim untuk test covid.

Alhamdulillah, mereka semua negatif selain orang terdekat yang mereka saling kontak juga memberi informasi ke teman-teman yang sebenarnya yang tidak saling kontak.

Bertujuan, meminta di doakan.

Selain itu, supaya mereka faham betapa luar biasa penularan Covid-19 ini, mereka juga tahu, gimana menjaga prokes kesehatan dengan berolahraga rutin, tetapi tetap terpapar juga.

Alhamdulillah, luar biasa perhatian saudara, kerabat, teman dan para santri, mereka mengirim Obat, Vitamin, Jamu, Madu dan berbagai macam herbal.

Terimakasih banyak yang tak terhingga untuk semuanya.

Kepada Gus Kikin yang mengirim Vitamin dan Suplemen, serta Dr. Herry yang sigap mengirim obat yang kami perlukan, juga kepada tamu yang memberitahu kalau dirinya positif, sangat berterimakasih.

Karena dengan pemberitahuan tersebut, langsung segera melakukan pemeriksaan.

Bisa dibayangkan kalau tidak melakukan pemeriksaan, sementara diri tidak mempunyai keluhan, hanya sedikit meriang.

Saya bisa ketemu dengan orang lain dan tanpa sadar menyebarkan virus yang sudah ada di tubuh, mengenai darimana bisa terpapar, sepertinya agak sulit memastikan sumbernya.

Alhamdulillah, hari ke 7 isolasi ini saya dan keluarga tetap tidak ada keluhan.

Semoga seterusnya hingga selesai isolasi mandiri 14 hari nanti, hanya doa dari kerabat dan sahabat, tetap saya
harapkan.

Dengan tulis kisah dari Covid-19 untuk mengingatkan kita semua, agar selalu waspada dengan Covid-19, untuk memberitahukan bahwa, terpapar Covid-19 bukan sebuah aib yang harus disembunyikan, Justru kita wajib terbuka, untuk memudahkan pengobatan dan mencegah penularan lebih luas.

Untuk Nabilla, maaf mungkin Om Ing tidak bisa hadir di pernikahanmu tapi doa Om Ing tetap hadir.

Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Penulis : Idham

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker