Bojonegoro

Puskesmas Sumberrejo Bersama Pemdes Prayungan Laksanakan MMD

Bojonegoro – Metroliputan7.com, Dinas kesehatan masyarakat Sumberejo dalam hal itu Puskesmas Sumberrejo Bojonegoro bersama Pemerintah Desa Prayungan melaksanakan kegiatan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) yang di selenggarakan di Aula Balai Desa Prayungan. Pada, Senin (25/01/21).

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Puskesmas Sumberrejo Dr. Primazari, Kepala Desa Prayungan beserta perangkatnya, Koramil Sumberrejo, anggota BPD, Ketua PKK, Ibu ibu Kader, Ketua RT dan Ketua RW Desa Prayungan.

Kepala Desa Prayungan H. Imam Rofi’i dalam sambutanya menuturkan terkait MMD yang merupakan program tahunan Puskesmas Sumberrejo yang sudah dijadwalkan, mempertemukan perwakilan warga dan para kader untuk membahas hasil Survei Mawas Diri (SMD) masyarakat.

“Kegiatan MMD ini kusus membahas masalah kesehatan yang ada di desa, dasarnya dari hasil survei yang dilaksanakan di tahun 2020 ahir, yang dilaksanakan ibu ibu kader Desa Prayungan,” jelasnya

Selain itu, Dr. Primazari menyampaikan, kegiatan ini membahas Survei Mawas Diri (SMD) juga membahas survei Indeks Keluarga Sehat Pendekatan Keluarga (IKS PK).

“Dari data survei mawas diri kita bawa ke pertemuan musyawarah masyarakat Desa, dengan tujuan agar masyarakat mengenal kesehatan, dapat menanggulangi masalah kesehatan dan sebagai acuan untuk di masukan ke Musrenbangdes.

Setelah mengetahui masalah kesehatan  yang dialami dan di musyawarahkan bersama, harapannya masyarakat sepakat untuk menyusun rencana penanggulangan masalah kesehatan tersebut,” jelasnya

Perlu diketahui, Setelah dilakukan beberapa sambutan awal, dilanjut dengan penyampaian hasil Survei Mawas Diri (SMD) oleh Rizka selaku Pemegang program promosi kesehatan Sumberrejo.

Program keluarga sehat yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan, yang mengacu pada 12 Indikator keluarga sehat sebagai berikut : 

  1. Keluarga mengikuti KB
  2. Ibu bersalin di fasilitas kesehatan
  3. Bayi mendapat imunisasi dasar lengkap
  4. Bayi diberi ASI ekslusif selama 6 bulan
  5. Pertumbuhan balita dipantau tiap bulan
  6. Penderita TB berobat sesuai standar
  7. Penderita Hipertensi berobat teratur
  8. Gangguan Jiwa berat ditelantarkan
  9. Tidak ada anggota keluarga yang merokok
  10. Keluarga memiliki/memakai air bersih
  11. Keluarga memiliki/memakai jamban sehat
  12. Sekeluarga menjadi anggota JKN.

Reporter : Hasan/Red

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker