Surabaya

Media Metro Liputan 7 Turut Hadir Dalam Peringatan Hari Pers Nasional di Depan Gedung Negara Grahadi Surabaya

Surabaya – Metroliputan7.com, Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) yang jatuh setiap 9 Februari, setiap tahun HPN diadakan diberbagai kota di Seluruh Indonesia. Pada tahun ini jurnalis yang berada di kota Surabaya menggelar refleksi HPN didepan Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (9/02/2021).

Namun dari tahun ke tahun usai digelarnya HPN tidak ada esensi yang membanggakan ataupun kinerja dari Dewan Pers yang dirasakan oleh para Jurnalis untuk kesejahteraan maupun perlindungan bagi Insan Pers saat melakukan tugas jurnalistiknya.

Untuk siapa Dewan Pers ada di Republik Indonesia ini? Hal tersebut sering menjadi pertanyaan para Jurnalis saat menghadapi kendala dalam melakukan tugas jurnalistiknya dilapangan.

Kegiatan tersebut sebagai bentuk memperingati hari lahirnya pers di Indonesia. Karena dimasa pandemi Covid-19, ditempat tersebut, peserta yang hadir membagikan masker untuk masyarakat.
H. Nurdin Longgari Sanjaya menyampaikan bahwa, kegiatan tersebut sebagai bentuk kuatnya ikatan antara sesama Insan pers yang ada di Surabaya.

“Kita semua adalah mitra, dan hari ini, bertepatan dengan Hari Pers Nasional dimana hari ini adalah ulang tahunnya para awak media,” ujar Nurdin selaku pimpinan Redaksi Media Harian News dan juga menjabat Wakil Ketua Pemuda Pancasila Kota Surabaya.

Nurdin juga tidak lupa memberikan ucapan selamat memperingati Hari Pers Nasional kepada awak media dan menyampaikan pesan agar, awak media menjunjung tinggi UU pers dan juga kode etik jurnalistik.

“Laksanakan tugas sesuai tupoksie seorang jurnalis yang memegang teguh UU pers dan kode etik jurnalistik. Sajikan realita berita dan tidak hoax yang akhirnya dapat menyesatkan masyarakat,” ungkapnya.

“Sekali lagi, secara pribadi ataupun lembaga, saya mengucapkan selamat Hari Pers Nasional dan sukses selalu buat awak media baik di Surabaya maupun di seluruh Indonesia,” tutupnya.

Ditambahkan pula Bayu Pangarso selaku Pimpinan Redaksi Media Berita Cakrawala didampingi Redaktur Sanjaya mengatakan dalam memperingati HPN saat ini seluruh media yang ada di Kota Surabaya, mengusung tema “Membangun Sinergitas dan Solidaritas Insan Pers Pada Masa Pendemi, Untuk Meningkatkan Ekonomi Bersama Bersama Kita Kuat”.

“HPN milik kita semua para jurnalis, dan perusahaan pers maupun lembaga pers yang ada di Indonesia, bukan hanya segelintir perusahaan pers ataupun segelintir lembaga pers,” terangnya.

Sebab penganiayaan, pengusiran, penghadangan, bahkan hingga terjadi pembunuhan dan kriminalisasi lain yang dialami oleh para jurnalis di lapangan masih terjadi, tidak melihat tindakan yang dilakukan Dewan Pers ataupun Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) terhadap kejadian-kejadian itu, mereka hanya diam tutup mata dengan apa yang dialami oleh para pencari berita di lapangan, seharusnya yang perlu dievaluasi dan dilakukan perbaikan setiap memperingati Hari Pers Nasional yaitu apa yang tertuang dalam Undang-undang Pokok Pers Nomor 40 Tahun 1999 Bab II tentang Asas, Fungsi, Hak, Kewajiban dan Peranan Pers, bukan soal klaim mengklaim mana yang diakui mana yang tidak diakui.

“Kalau hanya seperti ini – ini aja yang dikerjakan Dewan Pers maupun Lembaga Pers PWI, sampai kapanpun keadaan Pers di Indonesia akan sulit maju dan berkembang.
Pasal II Undang-undang pokok Pers Nomor 40 tahun 1999 tersebut harus ditinjak lanjuti dalam bentuk tindakan nyata, dengan memberikan kesempatan yang sama kepada seluruh organisasi jurnalis atau perusahaan Pers di Indonesia selama organiasi dan perusahaan Pers tersebut memenuhi legalitas yang sah yang diakui oleh negara,” tegas Bayu Pangarso Pimpinan Redaksi Media Berita Cakrawala yang didampingi Redaktur Sanjaya.

“Semoga HPN dimasa pendemi 2021 ini, akan menjadi perubahan untuk kemajuan Pers di Indonesia,” pungkasnya.

Journalist : Fathur / Red

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker