Tuban

Heboh” Warga Desa Tuban Ramai-ramai Beli Mobil

Tuban – Metroliputan7.com, Baru-baru ini, masyarakat dihebohkan dengan video di media sosial yang memperlihatkan warga desa di Tuban, Jawa Timur ramai-ramai membeli mobil.

Diketahui kejadian tersebut berada di Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Kades Sumurgeneng, Gihanto, membenarkan bahwa sejumlah warganya baru saja membeli mobil-mobil baru, hingga video pengiriman mobil tersebut viral di media sosial.

Dia menuturkan, warga membeli mobil baru seusai mendapat uang ganti rugi lahan untuk proyek pembangunan Kilang Minyak Tuban atau New Grass Root Refinery (NGRR) di wilayah Kecamatan Jenu.

 Kini, video tersebut juga banyak menyebar di Instagram.

“Mereka membelinya dengan uang hasil penjualan atau ganti rugi tanah miliknya sendiri dari Pertamina dengan harga Rp 600.000-800.000 per meter,” terang Gihanto.

Gihanto menambahkan, tercatat ada 180-an mobil baru yang dibeli warga sejak mereka menerima uang ganti rugi lahan kilang minyak hingga sampai saat ini.

Tentang proyek Pertamina

Mengutip Kompas.com, Rabu (17/2/2021) total ada 821 hektar tanah di Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, yang dibeli oleh PT Pertamina.

Rinciannya lahan warga sebanyak 384 hektar di Desa Wadung, Kaliuntu dan Sumurgeneng, Kecamatan Jenu, lahan KLHK 328 hektar, dan lahan Perhutani 109 hektar.

Di atas lahan yang telah dibeli tersebut akan dibangun kilang minyak NGRR yang ditargetkan beroperasi pada tahun 2026. Pembangunan kilang minyak tersebut melibatkan Pertamina dan Rosneft asal Rusia.

Penandatanganan kontrak perjanjian antara dua perusahaan itu telah dilakukan lebih dari setahun yang lalu, tepatnya pada 28 Oktober 2019, di Moskow, Rusia.

Journalist : Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker