Bojonegoro

Wantimpres RI Gali Informasi Kebudayaan Digital Desa Prayungan

Bojonegoro – Metroliputan7.com, Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) DR. H. Soekarwo, SH, M.HUM, melakukan kunjungan kerja sekaligus mengumpulkan data serta Informasi Kebudayaan digital di Desa Prayungan Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro. Pada, Kamis (25/3/2021).

Kegiatan kunjungan tersebut selain di hadiri Pakde Karwo dan peneliti Prof. Dr. Hotman Siahaan, Drs. beserta tim, hadir pula Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah, Wakil Bupati Bojonegoro Budi Irawanto, Dinas PMD, Forkopimcam, Kepala Desa Prayungan H. Imam Rofi’i beserta perangkat Desa, Admin sistem informasi Desa, pengelola Bumdes serta Wakil responden.

Dalam kunjungannya, Wantimpres RI menyampaikan, Selamat kepada Kepala Desa Prayungan karena sudah mendapatkan prestasi Keterbukaan Informasi Publik KI Award 2020.

“Selamat Pak lurah sudah mendapatkan prestasi KI Award 2020, maksud kedatangan kami beserta rombongan tim peneliti bertujuan untuk mengkaji dan menggali Informasi di Desa Prayungan,” tuturnya.

Menurut Pakde Karwo di era 4.0 sekarang ini menuntut masyarakat harus berdamai dengan digital, mengingat pandemi Covid-19 saat ini sangat berdampak pada turunnya nilai perekonomian masyarakat, terpuruknya UMKM, sehingga banyak orang miskin lama dan munculnya orang miskin baru, tingkat kriminalitas meningkat, dan angka perceraian yang semakin tinggi.

“Patut kita untuk belajar di Desa Prayungan, penggunaan teknologi Informasi tidak hanya dimanfaatkan untuk urusan Pemerintahan Desa (Pelayanan Masyarakat, Perizinan) namun juga dimanfaatkan sebagai media guna meningkatan kesejahteraan masyarakat, yang terakomodir dari aspirasi masyarakat,” terangnya.

Lebih lanjut menurut Pakde, hal terpenting transformasi yang harus dilakukan saat ini adalah Transformasi digital, ini bukan permasalahan Bojonegoro saja, melainkan permasalahan seluruh Dunia.

“Siapa yang survive adalah mereka yang bisa berkolaborasi dengan perkembangan teknologi sesuai dengan konsep kesejahteraan,” terangnya.

Dalam hal itu, Wantimpres mengusulkan kepada Bupati Anna yaitu membuat konsep cyber optic agar  tidak tergantung pada Base Transceiver Station (BTS).

Sementara itu, Bupati Anna Mu’awanah menyampaikan, bahwa kunjungan Wantimpres dalam hal ini kehadiran Pakde Karwo merupakan sumber energi tersendiri bagi Desa Prayungan dan juga bagi Pemkab Bojonegoro untuk menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

“Terlebih lagi Desa Prayungan yang telah berhasil meraih tiga penghargaan sekaligus pada Malam Anugerah keterbukaan Informasi Publik KI Award tahun 2020,” jelasnya.

Lebih lanjut Bupati Anna Mu’awanah menyampaikan, bahwa Kabupaten Bojonegoro sangat mendukung mendukung SPBE, sehingga perlu persiapan dukungan baik Infrastruktur, sarana dan prasarana serta SDM yang mahir akan IT.

Untuk itu dalam pengisian CPNS tahun ini, Kabupaten Bojonegoro mengusulkan ke Kemenpan dan RB formasi untuk tenaga IT.

“Semoga CPNS untuk formasi tenaga IT nanti bisa terpenuhi,”pungkasnya.

Perlu diketahui, dalam acara tersebut tim kajian pengumpulan Data dan Informasi yang dimoderatori Hotman Siahaan melakukan diskusi dan tanya jawab kepada Kepala Desa, Admin Sistem Informasi Data, pengelola BUMDES, serta perwakilan responden.

Journalist : Hasan/red
Publisher : Nang

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker