Surabaya

MADAS Warga Madura Asli di Tengah Acara Tok Otok

Surabaya – Metroliputan7.com, Otok-otok Warga Madura Asli yang tersebar di Surabaya, warga masih mempertahakan tradisi seperti tok-otok, tradisi adat orang Madura sejenis Arisan, tapi para anggotanya diisi para laki-laki Madura.

Otok-otok merupakan ajang Silaturahmi dikalangan etnis Madura yang merantau, dengan adanya kegiatan ini untuk Mempererat dan Mempertahankan Solidatitas Kekerabatan etnis Madura yang berada di tanah rantauannya.

Otok-otok kali ini juga dilakukan di rumah seketaris Ormas Madas DPAC Sawahan M.Muhklis Raya dijalan Petemon Kuburan Surabaya.

Namun tok-otok kali ini sedikit berbeda dan dibatasi dikarenakan mematuhi Protokol Kesehatan dari Pemerintah untuk pencegahan penularan Covid-19.

Acara tok-otok tersebut dihadiri Pimred Metro Liputan7, H. Abd Chodir Djaelanie adalah sebagai bentuk wujud perhatian dan cintanya kepada warga Madura.

Dia ingin agar Tradisi-tradisi warga Madura tersebut tetap bisa berjalan dengan baik di Surabaya.

“Sebab bagaimanapun, warga Madura sudah menjadi bagian besar dari warga Surabaya dan turut Andil dalam Pembangunan Kota Pahlawan,” ungkapnya kepada awak media saat dilokasi.

Tradisi tok-otok ini adalah bentuk Budaya dan Silaturahmi serta bergotong-royong yang harus tetap kita dirawat dan dijaga, Tok-otok seperti ini adalah dari Budaya, tolong menolong apalagi di masa pandemi Covid-19, ini sangat berarti.

Saat menghadiri tok-otok H. Abd Chodir Djaelanie didampingi oleh Bendahara Ormas Madas H. Rosidi, Silaturrahmi ini saya ajak khususnya masyarakat madura untuk saling menjaga keharmunisan Berbudaya disurabaya.

Sementara itu, dalam kesempatan ini Muklis menyampaikan, Terimakasih kepada H. Abd Chodir Djaelanie yang sudah mau menghadiri acara tok otok Saya di rumah.

“Insya Allah Keluarga Besar Madura (MADAS) di Surabaya Kedepannya bisa diperhitungkan oleh pemerintah,” pungkasnya.

Journalist : Munawar
Publisher : Nang

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker