Spread the love

Ponorogo – Metroliputan7.com, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indarparawansa di dampingi Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko dan wakilnya Lisdyarita melakukan kunjungan kerja pada panen raya padi di Ponorogo, Selasa 6 April 2021 bertempat di Area sawah Desa Bedingin Kecamatan Sambit, Kabupaten Ponorogo.

Khofifah Indarparawansa mengungkapkan berdasarkan data BPPS yang dirilis bulan Maret bulan lalu menunjukan dari 10 produsen beras beras di Jawa Timur,Ponorogo diperingkat ke 10 dari luasan lahan di Ponorogo.

Sementara itu kenaikan produksi gabah dan beras di Ponorogo sebanyak 17% dan tertinggi di Jawa Timur.

Ponorogo mengalami kenaikan produksi ini bisa jadi harapan baru bagi petani untuk mengembangkan varietas padi agar produksi gabah lebih meningkat yang seknifikan.

Dengan produktivitas gabah yang meningkat akan diikuti harga yang fortitable.

Disaat musim panen raya ini harga gabah masih menurun
Khofifah berharap stabilisasi harga beras lebih meningkat.

Dikesempatan yang sama Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko turut menerangkan bahwa varietas baru yang merupakan hasil persilangan dari berbagai jenis padi yang setiap malai bisa rata-rata 713 butir gabah dengan mengunakan alat olah sawah alsintan, dan Bulog diharapkan melakukan penyerapan hasil panen padi di Ponorogo.

Petani diharapkan menurunkan kadar air sehingga tidak selalu begini setiap masa panen raya padi setiap tahun pungkasnya.

Journalist : KP Dhr SN
Publisher : Nang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *