Spread the love

Sidoarjo – Metroliputan7.com.-Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa Tahap 6, 7 dan 8 anggaran 2021 diawali oleh Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor (Gus Muhdlor). Desa yang mendapatkan giliran pertama adalah desa Tempel, Kecamatan Krian. Senin, (9/8/2021).

Di desa Tempel, Krian sebanyak 50 orang terdata sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Secara simbolis Bupati Gus Muhdlor menyerahkan langsung BLT Dana Desa kepada 5 orang perwakilan. Masing-masing KPM mendapatkan BLT Dana Desa sebesar 300 ribu setiap bulannya selama tiga bulan, mulai bulan Juni – Agustus.

“Jumlah yang diterima tiap KPM setiap bulannya 300 ribu, jadi total selama tiga bulan mendapatkan 900 ribu rupiah. Kami pesan mohon dimanfaatkan dengan baik untuk kebutuhan sehari – hari mohon tidak dibelanjakan yang konsumtif tapi belanja kebutuhan pokok, ” ucap Gus Muhdlor.

Untuk menghindari data ganda, Bupati minta ke kepala desa untuk mengkroscek ulang sebelum diputuskan sebagai KPM.

“Jangan ada yang double atau duplikasi dan berikan kepada masyarakat yang tepat sasaran. Salah satu syarat yang menerima bantuan ini, seperti rumahnya tidak layak Huni dan tidak memiliki penghasilan. Jadi kadesnya harus kroscek yang teliti supaya data penerimanya tidak ganda,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Gus Muhdlor juga menyampaikan langkah dan upaya yang sudah dilakukan pemkab Sidoarjo dalam menekan penyebaran Covid – 19.

“Banyak yang telah kita lakukan dalam menghadapi pandemi ini, mulai dari mendirikan Shelter-shelter sebagai pusat Isolasi terpadu, PPKM darurat dengan melakukan pembatasan mobilitas masyarakat dan lain sebagainya, dan Alhamdulillah dengan kesabaran kita semua kondisi Kabupaten Sidoarjo saat ini mulai membaik, namun dengan demikian kita tidak boleh lengah dan selalu menerapkan protokol kesehatan dengan 5M agar semakin lebih baik lagi,” ungkapnya.

Sedangkan pemberian bantuan BLT Dana Desa ini menurut Bupati Sidoarjo untuk membantu meringankan beban ekonomi masyarakat yang paling terdampak pandemi.

“Bantuan uang tunai yang berasal dana desa ini digunakan untuk membantu meringankan masyarakat. Nanti Pemkab Sidoarjo akan menambahkan bantuan sebanyak 500 paket sembako dan pemberian vitamin bagi warga desa Tempel yang melakukan isolasi mandiri.” terangnya.

Journalist : Sutiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *