Berita  

KASAL: SAYA SERAHKAN SANG MERAH PUTIH, KIBARKAN DI LAUTAN NUSANTARA

Jakarta — Metroliputan7.com.- “Saya Serahkan Sang Merah Putih, Kibarkan di Lautan Nusantara,” pesan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono saat prosesi penyerahan Bendera Merah Putih yang akan dikibarkan di bawah laut, bertempat di Loby Gedung Utama Mabesal, Cilangkap Jakarta Timur. Selasa (16/08).

Selain Bendera merah Putih, Kasal juga menyerahkan bendera TNI Angkatan Laut dengan diiringi pesan, “Kibarkan bendera kewajiban, Jalesveva Jayamahe”. Bendera merah putih dan bendera TNI Angkatan Laut diterima oleh Komandan Pasmar 1 Brigjen TNI (Mar) Hermanto selaku Ketua Panitia Pengibaran Bendera Merah Putih di Bawah Laut yang selanjutnya bendera tersebut akan dibawa ke lokasi pusat acara di Pulau Putri Kepulauan Seribu.

Kepada awak media Kasal menjelaskan bahwa TNI Angkatan Laut dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 RI akan menggelar upacara pengibaran Bendera Merah Putih di bawah laut yang akan dilaksanakan di 77 lokasi Pangkalan Jajaran TNI AL yang tersebar di seluruh Indonesia pada Rabu, 17 Agustus 2022 besok. Di pusat pelaksanaan upacara pengibaran bendera di bawah laut di Pulau Putri, Wakasal Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono akan bertindak selaku Inspektur Upacara mewakili Kasal Laksamana TNI Yudo Margono.

Kasal menjelaskan bahwa dengan pengibaran bendera bawah laut di 77 lokasi di seluruh Indonesia ini mengisyaratkan TNI AL siap menjaga kedaulatan dan keamanan NKRI. “ Pengibaran bendera di bawah laut di 77 di seluruh jajaran Angkatan Laut untuk mengisyaratkan bahwa TNI Angkatan Laut siap untuk menjaga kedaulatan dan keamanan di seluruh Indonesia dan tentunya ini juga membangkitkan kembali kejayaan maritim untuk Indonesia, pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat,” ujar Kasal.

Sebanyak 888 penyelam dari Prajurit TNI AL, TNI & POLRI, Pemerintah Daerah, organisasi masyarakat, klub selam, awak media dan masyarakat serentak akan berpatisipasi dalam pengibaran bendera bawah laut ini, sekaligus untuk memecahkan rekor MURI.

Para penyelam akan membawa bendera pada kedalaman kurang lebih 10 meter dengan susunan inspektur upacara, komandan upacara, pengibar bendera dan peserta upacara serta pengucapan Dirgahayu RI dari bawah laut, dengan tema yang diusung “Membangun Kejayaan Maritim Untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *