Berita  

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Pasuruan, Kak Mujib Imron Ajak Anak-anak Muda Peduli Lingkungan

Pasuruan — Metroliputan7.com.- Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Pasuruan menggelar Aksi Peduli Lingkungan di Pusat Latihan Tempur Marinir III Grati, Jumat (15/07/2022) pagi.

Aksi ini dipimpin oleh Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Pasuruan, Kak Abdul Mujib Imron (Kak Mujib) dan dihadiri Komandan Puslatpur Marinir III Grati hingga ratusan pramuka di Kabupaten Pasuruan.

Dari pantauan di lapangan, aksi peduli lingkungan diawali dengan apel bersama selama beberapa menit. Setelah selesai, barulah dilanjutkan dengan penanaman bibit pohon penghijauan di sekitar lokasi acara.

Menurut Kak Mujib, aksi pelestarian lingkungan oleh gerakan pramuka sebagai organisasi pendidikan non formal bagi generasi muda, dinilai sangat strategis.

Sebab pramuka patut menjadi garda terdepan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya lingkungan yang hijau, bersih, indah dan asri.

“Kita ketahui bersama bahwasanya Gerakan pramuka adalah gerakan kader pemimpin masa depan bangsa. Dan hijaunya pramuka adalah hijaunya negara. Jadi pramuka ini tak bisa dipisahkan dari negara,” katanya.

Ditegaskan Kak Mujib, proses pendidikan kepramukaan di gugus depan atau gudep yang merupakan ujung tombak dan garda terdepan, dapat menjadi pelopor gerakan ramah lingkungan bagi generasi muda dan masyarakat

Pramuka yang dekat dengan gerakan sosial tersebut diharapkan dapat turut serta berperan dalam kebaikan lingkungan hidup demi kelangsungan hidup di masa yang akan datang.

“Pramuka itu jiwa sosialnya sangat tinggi. Apalagi urusan kemanusiaan, sudah pasti akan berdiri di garda terdepan. Ikut membantu masyarakat dalam menjaga keberlangsungan alam sekitar,” ucapnya.

Di hadapan para peserta apel, Kak Mujib berharap dengan gerakan pramuka diharapkan bisa mendorong generasi penerus bangsa untuk paham akan kebersihan dan tahu bagaimana cara menghargai alam dan lingkungan yang diciptakan Allah SWT.

Minimal dengan dimulai dari lingkungan terdekat, yakni keluarga.

“Kalau sedari kecil sudah cinta lingkungan, maka besarnya sudah pasti akan peduli dengan lingkungan. Maka dari itu, mari kita jaga keseimbangan alam dengan cara tidak membuang sampah sembarangan. Itu contoh yang paling simpel,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.