LANAL BATUPORON GELAR LATIHAN SAR GABUNGAN DI PANTAI UTARA PULAU MADURA

Batuporon — Metroliputan7.com.-

Bertempat di Pantai Taman Mangrove Jung Koneng Desa Labuhan, Kec. Sepulu Kab. Bangkalan, Komandan Lanal Batuporon Letkol Laut (P) Mahfud Effendi,. M.Tr.Hanla., CHRMP., membuka Latihan SAR Gabungan Lanal Batuporon TA 2022 yang dihadiri oleh para Kepala Dinas Kab. Bangkalan, Muspika Kec. Sepulu serta tokoh Masyarakat Desa Labuhan. Kamis (17/11/22)

Latihan SAR gabungan Lanal Batuporon yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari bertajuk *SIAGA 22* diikuti oleh 102 peserta latihan terdiri dari Prajurit Lanal Batuporon, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Bangkalan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kab. Bangkalan, Dinas Sosial (Dinsos/Tagana) Kab. Bangkalan, AKB Foundation, Saka Bahari Dewaruci dan Mahasiswa Kelautan Universitas Trunojoyo Bangkalan, sebagai upaya mengasah dan meningkatkan kemampuan serta kerjasama yang baik dengan berbagai unsur berdasarkan standarisasi dalam bidang SAR.

Dalam pelaksanaan latihan para peserta dibekali dengan teori maupun praktek meliputi pengetahuan SAR, antara lain Visi dan Misi, Tujuan, Peran serta Prinsip-prinsip menjadi relawan SAR, Water Rescue, materi Dapur Umum, Pembinaan dan Pelayanan Linmas dalam Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana, Mitigasi Bencana, Keterampilan Perahu Karet dan Pengetahuan Alat Selam. Selain itu peserta juga mendapatkan ilmu pengetahuan tentang Basic Life Support/ Bantuan Hidup Dasar (BHD) maupun pertolongan pertama pada kasus kecelakaan di laut.

Dalam amanatnya Komandan Lanal Batuporon Letkol Laut (P) Mahfud Effendi,. M.Tr.Hanla., CHRMP., mengatakan bahwa “Pada pelaksanaan latihan SAR gabungan kali ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan Lanal Batuporon bersama Potensi SAR di wilayah Bangkalan, diharapkan para peserta memiliki kompetensi, baik secara perorangan maupun kelompok untuk keperluan teknis operasional di lapangan pada saat dibutuhkan guna menangani hal-hal yang terkait kecelakaan dilaut dan bencana yang terjadi khususnya di wilayah Kabupaten Bangkalan dan Pulau Madura pada umumnya”, ungkap Danlanal.

Pada upacara penutupan Latihan SAR gabungan, Komandan Lanal Batuporon Letkol Laut (P) Mahfud Effendi,. M.Tr.Hanla., CHRMP., memberikan sertifikat kepada para peserta latihan sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan telah mengikuti latihan dengan antusias, semangat dan solid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *