Berita  

LANAL BATUPORON TANAM RIBUAN MANGROVE DI TAMAN EKOWISATA LABUHAN

Batuporon — Metroliputan7.com.- Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Batuporon Letkol Laut (P) Mahfud Effendi M.Tr.Hanla., CHRMP., bersama Forkopimda Kab. Bangkalan dan keluarga besar Lanal Batuporon melaksanakan penanaman mangrove secara serentak di seluruh Indonesia dalam rangka memperingati Hari Mangrove Sedunia yang jatuh pada tanggal 26 Juli 2022 hari ini dengan mengambil tema *_”The Mangroves Save Our Eart”_*. Selasa (26/07/2022).

Kegiatan ini melibatkan Forkopimka Kec. Sepuluh, Pokmaswas (Kelompok Masyarakat Pengawas) dan Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Desa Labuhan, GMBI (Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia), Mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Madura, KPMM (Kelompok Peduli Mangrove Madura), MADAS (Madura Asli), AKB (Ashabul Kahfi Bersinar), Doktor Embong, Saka Bahari Dewaruci binaan Lanal Batuporon serta masyarakat Pesisir Desa Labuhan.

Saat diwawancarai awak media Danlanal Batuporon mengatakan, bahwa kegiatan yang kita laksanakan hari ini berupa penanaman Mangrove secara serentak di 77 lokasi seluruh jajaran TNI Angakatan Laut dalam rangka Memperingati Hari Mangrove Sedunia. Kita sangat konsen kepada mangrove, karena mangrove ini merupakan masa depan kita, kita ketahui bersama bahwa mangrove ini selain bisa menahan abrasi juga berpotensi untuk peningkatan UMKM seperti dapat dijadikan teh, keripik, pewarna pakaian dan bahan olahan lainnya.

“Lebih lanjut Danlanal menyampaikan, kenapa kita pilih di Labuhan karena ini bagian dari program TNI AL yaitu KBN (Kampung Bahari Nusantara), dimana salah satunya ada aspek wisata yang akan kita kembangkan berupa kawasan wisata mangrove, dan hari ini kita siapkan 4.000 bibit mangrove dengan luas tanah 4 Hektar”, jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama Bupati Bangkalan mengatakan “Saya sangat mendukung dengan kegiatan penanaman mangrove Lanal Batuporon di Desa Labuhan ini, mudah-mudahan bermanfaat untuk menjaga ekosistem maupun biota laut serta bisa menahan abrasi. Dengan adanya wisata mangrove ini tentunya banyak sekali manfaat untuk dijadikan bahan olahan yang bernilai tinggi dan penunjang perekonomian masyarakat pesisir secara ekologis, terutama sektor wisata,” ujar Bupati Bangkalan R. Abdul Latif Amin Imron.

Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari Perintah Harian Kasal Laksamana Yudo Margono untuk menjalin solidaritas dengan segenap komponen pertahanan dan keamanan negara menuju sinergitas dalam kesemestaan dan agar menjaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi masyarakat bangsa dan negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published.