Pemkab Bojonegoro Gelar Full Moon Bersama Abah Kirun di Desa Deling

Bojonegoro — Metroliputan7.com.-

Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menggelar acara Full Moon di lapangan Desa Deling Kecamatan Sekar, Selasa (15/22/2022) malam. Kegiatan full moon kali ini menghadirkan Abah Kirun sebagai bintang tamu dengan penampilan Ketoprak Ger-Geran atau Humor Lucu.

Kegiatan ini dihadiri Sekretaris Daerah Nurul Azizah, Asisten 1, Asisten 2, Asisten 3, Staf Ahli, Kepala OPD, Camat, Anggota DPRD Dapil 4 Wilayah Sekar, jajaran Forkopimcam Sekar, Kepala Desa se-kecamatan Sekar dan tamu undangan, serta masyarakat umum.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Budiyanto menjelaskan bahwa full moon merupakan acara rutin yang diagendakan antara tanggal 11 hingga 17 perhitungan bulan Jawa. Sebelumnya sudah diadakan dua kali full moon sebagai langkah promosi wisata Negeri Atas Angin di Desa Deling.

Kegiatan ini juga memperhatikan Undang -Undang No 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan, Peraturan Daerah Kabupaten Bojonegoro No 1 Tahun 2020 tentang Pelestarian Kesenian Tradisional, serta adanya arahan Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah. Tujuan kegiatan ini untuk melestarikan dan upaya aktualisasi adat budaya daerah.

“Juga menumbuhkan rasa cinta terhadap seni tradisi dan budaya daerah, mengenalkan seni budaya tradisional sebagai bagian dari tradisi di Kabupaten Bojonegoro,” kata Budiyanto.

Ia menambahkan, sesuai rencana pada Desember nanti akan ada Full Moon lagi dengan mengundang Abah Kirun di Kecamatan Kedewan.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Nurul Azizah yang hadir mewakili Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah menitipkan salam dari Bupati kepada masyarakat yang hadir. Bupati Anna tidak dapat mengikuti acara karena ada pertemuan dengan Menteri.

Sekda Nurul Azizah juga berharap acara ini dapat menghibur masyarakat yang datang langsung maupun melalui media sosial.

Pemkab Bojonegoro, lanjut dia, selalu memberikan program kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Contohnya peningkatan sarana dan prasarana, program beasiswa, program bagi petani. “Abah Kirun akan menghibur semuanya terkait juga dengan beberapa program yang akan disampaikan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bojonegoro,” kata Nurul Azizah.

Sementara itu, Asisten 1 Setda Bojonegoro Djoko Lukito mengungkapkan acara full moon selain memberi hiburan juga untuk menumbuhkan ekonomi pasca pandemi covid-19.

“Mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua utamanya dalam peningkatan dan pertumbuhan ekonomi di wilayah Kecamatan Sekar dan sekitarnya,” tambah Djoko.

Acara dimulai dengan tarian tradisional sebagai pembuka, dilanjutkan penampilan dari Abah Kirun. Selain itu, terdapat bazar dari ibu PKK desa se-Kecamatan Sekar yang berada di sekitar panggung acara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *