Berita  

Pemkab Pasuruan Apresiasi Ormas Penopang Pembangunan

Pasuruan — Metroliputan7.com.- Pemerintah Kabupaten Pasuruan mengapresiasi setinggi-tingginya organisasi masyarakat (ormas) yang selama ini telah berkontribusi dalam penyelenggaraan kepentingan publik. Berperan aktif sekaligus turut andil dalam mewarnai pembangunan di Kabupaten Pasuruan.

Disampaikan dalam agenda Sosialisasi Pemberdayaan Ormas Tahun 2022, Plh. Bupati Mujib Imron menekankan tentang peran aktif ormas dalam kehidupan sosial masyarakat. Utamanya perihal prinsip ideologi wawasan kebangsaan yang harus diimplementasikan di setiap aktivitas.

“Ini saya perlu mengajak untuk mensosialisasikan program Bakesbangpol tentang wawasan kebangsaan dan ideologi. Tujuannya untuk mengantisipasi potensi letupan radikal di masyarakat. Kita harus menjaga negara kita. Mari kita jaga tanah air dan Kabupaten Pasuruan,” ujar Plh. Bupati dalam kegiatan yang digelar oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Pasuruan tersebut.

Menurut Gus Mujib sapaannya, seluruh komponen masyarakat tidak terkecuali ormas sudah sepatutnya bersama-sama menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Termasuk melaksanakan kewajiban sebagai warga negara dalam menjaga ideologi Pancasila dengan tidak mempertentangkan antara negara dan agama.

“Kalau ada yang berkomentar anti dengan NKRI, harus segera dilaporkan ke pihak yang berwajib. Negara ini wajib dijaga. Baik kyai maupun ulama juga mewajibkan kita untuk menjaga bangsa kita,” tandas Plh. Bupati dengan lugas.

Dalam forum diskusi yang diikuti oleh IPPNU, Fatayat, Muslimat, Banser di Balai Desa Panditan, Kecamatan Lumbang hari ini, Jumat (29/7/2022), Gus Mujib menyampaikan harapannya kepada seluruh peserta. Fokusnya lebih kepada komitmen ormas dalam menyukseskan program-program pembangunan sesuai bidang masing-masing. Terlebih, eksistensi ormas yang dikenal dengan istilah Non-Governmental Organization (NGO) memegang peranan penting sebagai pilar demokrasi. Harapannya sudah barang tentu untuk mewujudkan masyarakat sipil (civil society) dan memperjuangkan hak-hak rakyat dalam kehidupan bernegara. Sekaligus menopang kepentingan publik tanpa mengambil keuntungan finansial.

“Saya harap, pertemuan penting ini akan melahirkan rumusan-rumusan visioner dan rencana-rencana program strategis. Semuanya demi kelancaran pembangunan di Kabupaten Pasuruan. Sekaligus bisa menjadi ajang dialogis atas berbagai permasalahan yang masih mengganjal untuk dicarikan solusi konstruktif,” jelasnya seraya mengakhiri sambutannya.

Hadir dalam kegiatan, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Pasuruan, Rachmat Syarifuddin dan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Lumbang. Baik Camat, Kapolsek Lumbang maupun Danramil hingga Kepala Desa Panditan. Tidak terkecuali diikuti oleh Ketua MWCNU Lumbang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.