Berita  

Pemkab Pasuruan Berkomitmen Dorong Peningkatan Pemanfaatan TOGA Dan Akrupesur Di Masyarakat

Pasuruan — Metroliputan7.com.- Plh. Bupati Pasuruan Mujib Imron menyatakan, Pemerintah Kabupaten Pasuruan berkomitmen mendorong peningkatan pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) di masyarakat. Hal itu disampaikannya bersama Ketua 1 PKK Kabupaten Pasuruan pada saat menyambut Tim Penilai Kelompok Asuhan Mandiri Kesehatan Tradisional Provinsi Jawa Timur dalam agenda Pemanfaatan TOGA dan Akupresur (ASMANTOGA).

Dalam paparannya disebutkan bahwa tujuan memasyarakatkan TOGA dan Akupresur tidak lain untuk mendorong masyarakat agar lebih optimal dalam memanfaatkannya untuk pertolongan pertama.

“Kami juga akan sosialisasi tentang manfaat TOGA dan jenis apa yang paling diperlukan. Selain itu bagaimana meningkatkan nilai tambah produksi-produksi dari TOGA itu sendiri,” ujarnya.

Di samping itu, Pemerintah Daerah akan mendorong para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk memanfaatkan tanaman TOGA. Seperti olahan Lulur Kemuning, Batik Alam, Kopi Deworengku, Sirup Bunga Telang, Teh Bunga Telang serta Sirup Temulawak.

“Kami berharap, kita semuanya bisa terus memasyarakatkan TOGA. Pemkab Pasuruan juga mendorong setiap Dinas untuk memilliki kebun tanaman obat keluarga sendiri. Sekolah juga harus mulai dibiasakan untuk menanam TOGA, baik dari tingkat Sekolah Dasar sampai dengan Tingkat Menengah Atas,” jelas Plh. Bupati.

Pemerintah Kabupaten Pasuruan melalui Surat Edaran dan Surat Keputusan Bupati Pasuruan tentang pembentukan Tim Pembina Kelompok Asmantoga. Diharapkan, PKK dapat langsung menjangkau masyarakat.

“Bupati telah mengeluarkan surat keputusan baik SE dan SK terkait tim pembina kelompok asman toga. Kemudian ada kebijakan pendukung asmantoga termasuk meminta tim penggerak PKK bisa turun kebawah. Ada juga surat himbauan agar ada Taman Toga di Kantor Kecamatan dan Kantor Desa sesuai petunjuk dari Provinsi”, katanya.

Diketahui, kunjungan Tim ASMANTOGA ke ke Pendopo Kabupaten Pasuruan, Selasa (26/7/2022) dikarenakan Kabupaten Pasuruan masuk dalam nominasi 6 besar di Jawa Timur tentang pemanfaatan TOGA serta Akupresur. Ketua rombongan, Ninis Herlina melakukan verifikasi dan menilai pemanfaatan ASMANTOGA di Kabupaten Pasuruan. Hadir dalam kegiatan, Kepala Dinas Kesehatan, dr Ani Latifah, Kepala Perangkat Daerah terkait dan Pengurus PKK Kabupaten Pasuruan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.