Berita  

PENANAMAN MANGROVE WARNAI HARI JADI LANAL BANYUWANGI

Banyuwangi — Metroliputan7.com.- Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Pangkalan TNI AL (Lanal) Banyuwangi Ke-51 tahun yang jatuh pada tanggal 21 Juli 2022 kemarin, Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Banyuwangi Letkol Laut (P) Ansori bersama Keluarga Besar Lanal Banyuwangi laksanakan penanaman 1.600 bibit Mangrove bertempat di Teluk Pang Pang Pantai Cemara Dusun Kabatmantren Desa Wringinputih Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi. Jumat (22/07/2022).

Kegiatan ini melibatkan Forkopimka Kec. Muncar, masyarakat desa pesisir Pantai Cemara, Pokmaswas (Kelompok Masyarakat Pengawas) dan Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Pantai Cemara dan Saka Bahari.

Dalam sambutannya Danlanal Banyuwangi mengatakan, “penanaman Mangrove di Pantai Cemara ini dalam rangka HUT Lanal Banyuwangi ke-51, semoga di usia yang ke-51 tahun ini Lanal Banyuwangi bisa memberikan manfaat kepada masyarakat desa pesisir Pantai Cemara ini. Tujuan penanaman mangrove ini adalah untuk mencegah erosi dan abrasi, menahan angin kencang dari laut, menahan proses penimbunan lumpur dan menjaga wilayah penyangga dan menyaring air laut menjadi air tawar di daratan serta mengolah limbah beracun, menghasilkan oksigen, dan menyerap karbon dioksida”, jelasnya.

“Dalam rangka menyambut Hari Mangrove Sedunia, TNI Angkatan Laut pada tanggal 26 Juli 2022 akan menggelar kegiatan penanaman mangrove nasional secara serentak di seluruh Indonesia, mengingat pentingnya mangrove bagi kelestarian alam, kepentingan masyarakat dan pertahanan, maka kegiatan Penanaman Mangrove Nasional akan melibatkan Pemerintah Daerah, Forkopimda, unsur terkait dan stake holder”, Pungkas Danlanal Banyuwangi.

Setelah melaksanakan penanaman Mangrove, Danlanal Banyuwangi didampingi Ketua Cabang 6 Korcab V DJA II, Ny. Hanun Ansori melaksanakan pemotongan kue ulang tahun dan pemotongan tumpeng yang diserahkan kepada Bhabinpotmar Lanal Banyuwangi (Koptu Ttu Rudi Hartono) dan kepada perwakilan Jalasenastri Cabang 6 Korcab V DJA II.

Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari Perintah Harian Kasal Laksamana Yudo Margono untuk menjalin solidaritas dengan segenap komponen pertahanan dan keamanan negara menuju sinergitas dalam kesemestaan dan agar menjaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi masyarakat bangsa dan negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *