Berita  

Plh Bupati Mujib Imron Lantik Pengurus Karang Taruna Kabupaten Pasuruan Masa Bhakti 2022-2027

Pasuruan — Metroliputan7.com.- Plh Bupati Pasuruan, KH Abdul Mujib Imron (Gus Mujib) melantik Pengurus Karang Taruna Kabupaten Pasuruan masa bhakti 2022-2027.

Pelantikan tersebut digelar di Pendopo Nyawiji Ngesti Wenganing Gusti, Sabtu (23/07/2022) siang.

Dalam sambutannya, Gus Mujib mengucapkan selamat atas dilantiknya Pengurus daerah karang taruna masa bhakti 2022-2027. Ia berharap agar seluruh pengurus dapat mengemban amanah dengan sebaik-baiknya.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Pasuruan maupun selaku pembina umum karang taruna, saya mengucapkan selamat atas dilantiknya pengurus daerah karang taruna masa bhakti 2022-2027. Semoga dapat mengemban amanah dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Seperti diketahui, karang taruna merupakan wadah pengembangan generasi muda yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat. Khususnya generasi muda di wilayah desa/kelurahan.

Menghadapi tantangan dan peluang ke depan, Gus Mujib berharap kepada jajaran pengurus karang taruna yang baru agar dapat membawa perubahan- perubahan yang baru. Terutama dalam membuat program-program dan kegiatan yang mampu menggali potensi/sumber-sumber usaha yang dapat meningkatkan kesejahteraan sosial.

Baik itu dibidang ekonomi, seni budaya, olahraga maupun dalam bidang pendidikan dan pelatihan yang disesuaikan dengan karakteristik dan permasalahan sosial di masing-masing wilayah.

“Karang taruna itu kumpulan anak-anak muda yang harus penuh ide, gagasan dan kreatifitas. Maka dari itu, di era seperti sekarang ini harus punya program yang bisa meningkatkan potensi daerah yang muaranya berujung pada peningkatan perekonomian masyarakat,” harapnya.

Lebih lanjut Gus Mujib menegaskan bahwa Pemkab Pasuruan juga mempunyai banyak program untuk karang taruna. Seperti pembinaan teknis berupa pelatihan manajemen organisasi, bimbingan keterampilan, pemberian bantuan stimulan dalam bentuk pengembagan usaha ekonomi produktif (UEP) atau kelompok usaha bersama (KUBE), hingga bantuan -bantuan lainnya.

“Ada bantuan hibah dari APBN, serta bantuan rutin operasional baik yang berasal dari pemerintah provinsi melalui bantuan gubernur. Ada juga dari APBD Kabupaten Pasuruan,” jelasnya.

Di akhir sambutannya, Gus Mujib berpesan agar Pengurus karang taruna terus kreatif, inovatif dalam membangun jaringan komunikasi informasi, kerjasama dan kolaborasi antar karang taruna maupun memfasilitasi karang taruna dengan pembina umum, pembina fungsional dan pembina teknis, lembaga masyarakat maupun dengan pengusaha/swasta dalam rangka pengoptimalakan pelaksanaan program kegiatannya.

“Intinya pengurus karang taruna harus mampu mengangkat potensi-potensi di masyarakat, sesuai dengan kondisi dan kultur budaya dilingkungannya. Mudah-mudahan momentum pelantikan pengurus karang taruna ini menjadi tonggak meningkatnya kemitraan pemerintah dengan segenap potensi dan sumber kesejahteraan sosial umumnya, khususnya dalam mewujudkan kesejahteraan sosial masyarakat,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.