*Ribuan Penerbang Ishari Gemakan Sholawat di Parkir Timur GOR, Bupati Gus Muhdlor Bangga Jama’ahnya Naik Dua Kali Lipat

Sidoarjo — Metroliputan7.com.- Sekitar lima ribuan penerbang Ishari (Ikatan Seni Hadrah Indonesia) padati lapangan parkir Timur GOR Sidoarjo, Sabtu malam, (13/8). Mereka datang untuk mengikuti Gema Bersholawat yang diselenggarakan Pemkab Sidoarjo. Meski hujan, niat para penerbang Ishari tidak kendor untuk datang. Terbukti tenda besar yang disediakan penuh oleh jamaah hadrah yang datang dari penjuru Kabupaten Sidoarjo tersebut.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor S.IP yang saat itu juga dikukuhkan sebagai anggota keluarga Ishari Kabupaten Sidoarjo. Selain bupati, juga hadir Ketua DPRD Sidoarjo H. Usman serta Ketua PCNU KH. Zainal Abidin.

Dalam sambutannya Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor atau Gus Muhdlor menyampaikan terimakasihnya kepada Ishari Kabupaten Sidoarjo atas perkembangan Ishari di Kabupaten Sidoarjo. Dikatakannya anggota Ishari di Sidoarjo semakin banyak. Dari 2 ribuan orang anggota Ishari yang hadir 8 bulan di pendopo Delta Wibawa. Namun saat ini sudah diatas jumlah itu.

“Kabupaten Sidoarjo ada kenaikan yang sangat besar jumlah Isharinya, kalau lihat 8 bulan lalu waktu kumpul di pendopo, jumlahnya tidak sampai 3 ribu, tapi kalau lihat hari ini ada kenaikan signifikan,”ucapnya.

Gus Muhdlor berharap Ishari terus berkembang. Tidak hanya di tingkat kecamatan saja namun juga disetiap desa. Dikatakannya ia akan mendukung berdirinya Ishari disetiap ranting. Bantuan rebana akan diberikannya bagi yang ingin mendirikan Ishari.

“Tidak ada alasan ranting tidak bisa belajar, ranting tidak bisa berdiri karena tidak ada terbang (rebana), bupati menjamin ada terus rebana,”sampainya.

Gus Muhdlor akan mengawal perkembangan Ishari di Kabupaten Sidoarjo. Ia meminta ada laporan dan evaluasi perkembangan Ishari di setiap kecamatan. Dirinya ingin mengatahui ranting mana saja yang belum berdiri. Dari situ ia akan mendorong untuk berdirinya Ishari.

“Berbicara Ishari maka berbica dua hal sekaligus, yang pertama tentang syiar Islam berupa sholawat, yang kedua nguri-nguri budaya,”sampainya.

Gus Muhdlor mendukung benar keberadaan Ishari di Kabupaten Sidoarjo. Menurutnya mendukung Ishari sama halnya dengan mendukung syiar Islam lewat sholawat nabi Muhammad SAW. Dikatakannya akan ada keberkahan melalui sholawat-sholawat melalui kegiatan Ishari.

“Ishari ini bicara tentang syiar dakwah sholawat yang tegak lurus dengan keberkahan Kabupaten Sidoarjo,”ucapnya.

Untuk itu Gus Muhdlor berharap ada regenerasi anggota Ishari. Generasi muda diharapkan dikenalkan pada kesenian Islam seperti ini. Dengan begitu Ishari akan terus ada di masyarakat.

“Harapan saya yang muda-muda ini diperbanyak, ini adalah calon penerus kita yang bisa melanjutkan tongkat estafet kedepan agar Ishari lebih banyak lagi dan lebih masif lagi di Kabupaten Sidoarjo,”tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *