Berita  

ASAH KEMAMPUAN DI AIR, PRAJURIT YONBEKPAL 1 MARINIR LATIHAN PERORANGAN DASAR TW III TA.2022 RENANG MILITER

Jakarta — Metroliputan7.com.- Berenang merupakan kemampuan dasar yang wajib dimiliki oleh setiap prajurit TNI khususnya TNI AL Korps Marinir yang hakekatnya adalah pasukan pendarat amfibi. Serta menindak lanjuti program prioritas Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., untuk membangun Sumber Daya Manusia (SDM) TNI AL yang unggul dan profesional serta tangguh dalam menghadapi segala ancaman. Untuk menunjang hal tersebut, maka Prajurit Batalyon Perbekalan dan Peralatan 1 Marinir (Yonbekpal 1 Mar) terus mengasah kemampuan berenangnya yang dilaksanakan di kolam renang Kopda Mar Anumerta Susandi Kesatrian Marinir Hartono Cilandak Jakarta Selatan. Kamis (28/07/2022).

Rangkaian kegiatan LPD TW III Ta. 2022 Renang militer ini diawali dengan senam peregangan dan senam perut guna menghindari resiko kram otot saat di kolam renang. Adapun materi yang dilatihkan yaitu berenang gaya crawl atau gaya bebas serta gaya katak pada jarak 50 meter secara bertahap mulai dari menggunakan Pakaian Dinas Lapangan (PDL) kemudian menggunakan helm tempur serta senjata organik yang kesemuanya itu diambil waktu perorangannya guna melihat kemampuan masing-masing prajurit.

Di Sela-sela kegiatan tersebut Kapten Marinir Suyanto selaku Pimpinan Latihan (Pimlat) dalam LPD TW III Yonbekpal 1 Mar menyampaikan bahwa latihan renang tersebut dilaksanakan untuk membina dan melatih fisik serta mencari bibit atlet renang, guna menyiapkan prajurit baik dalam penugasan maupun pertandingan di tingkat satuan maupun tingkat Korps Marinir (Kormar).

“Latihan ini sebagai refleksi pembinaan Satuan dan profesionalisme prajurit matra laut, maka dari itu prajurit Yonbekpal 1 Mar harus mampu membuktikan bahwa renang adalah kemampuan utama kita sebagai pasukan pendarat Korps Marinir”, imbuh Danyon Bekpal 1 Marinir Letkol Marinir Budi Cahyono, M. Tr. Opsla.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *