Gandeng Pihak Terkait, DPMD Akan Melakukan Pembinaan ke Kecamatan

Gandeng Pihak Terkait, DPMD Akan Melakukan Pembinaan ke Kecamatan

Bangkalan — Metroliputan7.com.- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bangkalan akan melakukan pembinaan ke kecamatan-kecamatan dengan lebih intensif. Untuk melakukan hal tersebut DPMD akan menggandeng pihak terkait seperti Inspektorat, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daetah (BPKAD) serta Tenaga Pendamping Ahli.

Tujuan dari pembinaan tersebut adalah untuk lebih menguatkan pengetahuan tentang pengelolaan anggaran khususnya Dana Desa (DD). Karena pada prinsipnya pihak kecamatan mempunyai kewajiban untuk melakukan monitoring terhadap penggunaan DD.

Kepala DPMD Kabupaten Bangkalan Hosin Jamili mengatakan bahwa kedepan pengelolaan DD harus lebih baik dan sesuai aturan. Maka dari itu pihaknya akan memulai melakukan pembinaan ke kecamatan untuk nantinya bisa diteruskan ke Pemerintahan Desa.

“Pengelolaan keuangan desa harus sesuai dengan aturan yang berlaku. Secara administratif harus lebih baik dan harus ada SPJ yang memang betul-betul nyata,” ujarnya.

Hosin mengimbau kepada semua Camat di Kabupaten Bangkalan untuk sering melakukan monitoring dan evaluasi ke masing-masing desa sebagai upaya memantau penggunaan DD. “Selain itu para Camat juga bisa membimbing perangkat desa untuk tertib administrasi terutama berkaitan dengan SPJ DD,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *