Berita  

GOW Sidoarjo Ajak Berpola Hidup Sehat dengan Sosialisasi dan Lomba Memasak Menu Sehat

Sidoarjo — Metroliputan7.com.- Dalam rangka memeriahkan HUT ke 77 RI tahun 2022 Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Sidoarjo menggelar Sosialisasi “Menjaga Pola Hidup Sehat dengan Menerapkan Gizi Seimbang di Era New Normal” di pendopo Delta Wibawa, Jumat, 26/08/2022. Kegiatan tersebut juga diisi dengan beberapa lomba seperti lomba memasak Mie, Lomba Goyang Bola dan Lomba Yel-yel serta Kostum terbaik. Lomba tersebut diikuti 75 peserta. Salah satunya yang ikut adalah Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Sidoarjo Ny. Ary Andjar Surjadianto. Selain untuk memeriahkan HUT ke 77 RI, kegiatan ini juga bertujuan mempererat tali silaturrahmi antar anggota dan pengurus GOW dengan menghadirkan narasumber dari PT Suprama Mie burung Dara Chef Elis juga Ariyanto, A.Md.Par yang merupakan Konsultan Dapur Gizi Rumah Sakit.

Dalam sambutannya Ketua GOW Kabupaten Sidoarjo Hj.Sriatun Subandi menyampaikan bahwa salah satu ciri bangsa yang maju yaitu bangsa yang memiliki kesehatan kecerdasan juga produktivitas. Ketiga faktor itu bisa didapatkan dengan cara berperilaku hidup sehat juga menjaga pola makan yang seimbang seperti mengkonsumsi 4 sehat 5 sempurna.

“Untuk itu guna memperingati HUT RI yang ke-77, GOW Kabupaten Sidoarjo membuat suatu acara yaitu lomba untuk menjaga kebersamaan sehingga dengan kekompakan dan kesolidan ini nanti akan terlihat,”ucap Hj. Sriatun

Istri Wakil Bupati Sidoarjo H. Subandi SH itu juga mengungkapkan dengan kegiatan ini ilmu yang didapatkan bisa bermanfaat dan juga termotivasi dalam menyajikan makanan sehat untuk keluarga. Seperti tesedianya makanan yang sehat lengkap dengan sajian lauk dan sayur mayur. Dikatakannya sayuran mengandung serat yang tinggi sehingga dapat memberikan asupan gizi yang baik khusunya bagi putra-putri yang sedang bersekolah.

“Dengan sarapan sehat dapat meningkatkan semangat belajarnya tidak loyo dan lesu sehingga anak bisa mudah menerima materi dari sekolah selain itu juga baik bagi bapak dan Ibu semuanya untuk menjaga kesehatan dan untuk aktivitas juga yang mana fungsi kehidupan sehari-hari dengan aktivitas yang luar biasa sehingga banyak kalori,”ujar Hj. Sriatun yang juga berprofesi sebagai dokter.

Hj. Sriatun mengatakan kalori dalam tubuh harus seimbang seperti anjuran WHO. Untuk konsumsi karbohidrat per harinya kurang lebihnya bisa 225-325 gram juga untuk sayuran kurang lebih sebanyak 250 gram. Sedangkan untuk buah sebanyak 150 gram dan kebutuhan daging sapi antara 70-140 gram untuk daging ayam kurang lebihnya 80-160 gram. Kalau ikan kebutuhan per harinya bisa 80-160 gram sedangkan tempe bisa 100-200 gram, untuk tahu kurang lebih 200 – 2400 gram.

“Nanti akan ada chef yang akan memberikan materi yang mana materi ini nanti monggo bisa kita cermati dengan seksama sehingga bisa membawakan keberkahan buat kita semuanya bisa diserap dan bisa dipraktekkan di rumah nanti ibu-ibu dan bapak-bapak semuanya. Hari ini saya terima kasih banyak juga ini dari Ica maupun chef se Kabupaten Sidoarjo semuanya cukup luar biasa yang membantu kegiatan pagi hari ini bisa berjalan dengan lancar,”ucapnya.

Dr.Sriatun menambahkan bahwa kegiatan ini sangat relevan dengan kondisi sekarang dimana walaupun kondisi new normal sudah diterapkan tetapi ternyata kasus Covid pada saat ini masih ada. Walaupun dikatakannya tidak sedasyat sebelumnya dan dengan pola makan yang baik dan gizi seimbang, baik serta sehat maka akan terlindungi dari Covid varian yang terbaru. Oleh karenannya yang menjadi tujuan dari sosialisasi ini nantinya adalah semua pengurus GOW bisa mengedukasi kepada seluruh masyarakat se Kabupaten Sidoarjo agar bisa menjaga pola hidup sehat dengan gizi seimbang dan juga bagaimana meningkatkan imunitas.

“Semoga dengan dilaksanakannya acara ini kita semuanya dapat sadar akan pentingnya pemenuhan gizi seimbang di kehidupan sehari-hari khususnya pada saat di era new normal seperti ini mari semuanya mulai jalani hidup yang lebih sehat dengan menjaga pola makan beserta asupan nutrisi dan zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh,”tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *