Berita  

Kembali Ukir Prestasi, Kota Depok Sabet Juara Satu Lomba P2L Tingkat Jabar

Depok — Metroliputan7.com.- Kota Depok kembali mengukir prestasi di tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar) melalui Kelompok Wanita Tani (KWT) Anggrek RW 02 Kelurahan Duren Seribu (Duser), Kecamatan Bojongsari. Kali ini berupa juara satu Lomba Pekarangan Pangan Lestari (P2L) tingkat Provinsi Jawa Barat.

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Depok, Elly Farida mengatakan, adapun inovasi yang diunggulkan dalam Lomba P2L ini yaitu Tumpangsari Tanaman (Turiman) dan pestisida nabati untuk pencegahan dan pengendalian hama yang terbuat dari rebusan air jengkol yang di fermentasi (Pesnab Cedamakol).

“Torehan prestasi ini merupakan bentuk sinergi yang luar biasa antar stakeholder. Yaitu kader PPK, khususnya kelompok kerja (pokja) tiga bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3),” ujar Bunda Elly, sapaannya, kepada berita.depok.go.id, Jumat (29/07/22).

“Hal ini dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan dalam pemenuhan ketahanan ekonomi keluarga melalui P2L di tiap rumah,” sambungnya.

Sementara itu, Ketua Bidang satu TP-PKK Depok, Etty Maryati Salim menambahkan, untuk dapat menjadi pemenang, KWT Anggrek RW 02 telah melalui sejumlah tahapan penilaian. Antara lain, jumlah tanaman secara kuantitas, jumlah rumah yang melakukan penanaman lebih banyak dari jumlah rumah yang ada, pertumbuhan tanaman, perawatan tanaman, pemupukan tanaman, hingga dokumentasi.

“Semua kegiatan kita videokan dari awal. Kita menggerakan 35 rumah, kewajibannya 30 rumah tapi kita mencapai 35 rumah. Jadi, pohon jagung kita banyak mencapai 1.050 pohon,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.