Berita  

Meriahkan 10 Muharram, UPTD SDN Kraton 02 Bangkalan Berikan Santunan ke Anak Yatim

Bangkalan– Metroliputan7.com – UPTD Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kraton 02 Bangkalan, Yang terletak di Jalan. Letnan Singosastro No. 4 Kecamatan Bangkalan memberikan santunan kepada 20 anak yatim dan dhuafa di lingkungan sekolah setempat, pada Rabu (03/08/2022). Kegiatan tersebut sebagai peringatan bulan Muharram.

Kepala Sekolah Dasar Negeri Kraton 03 Bangkalan, Moh Sahmol, S.Pd menyampaikan Hadits ke 212 dari kitab Tanbih al-Ghafilin yang berbunyi “Siapa orang yang mengusap kepala anak yatim (menyantuni/menyayangi) pada har Asyura (10 Muharram), maka Allah akan angkat derajatnya sebanyak rambut anak yatim tersebut yang terusap oleh tangannya”.

Menurutnya, bulan Muharram merupakan salah satu di antara empat bulan haram atau bulan suci dalam Islam, Di antara keutamaan bulan suci adalah segala amal shalih yang dilakukan di dalamnya diganjar lebih dibandingkan amalan yang dikerjakan di bulan lainnya.

Lebih lagi ketika amal shalih tersebut dilakukan di hari Asyura, tanggal kesepuluh di bulan Muharram, tepat pada tanggal 19 Agustus 2022.

“Karena ini adalah hari dimana Nabi Musa diselamatkan oleh Allah dari musuhnya, Begitu pula dengan merayakan hari Asyura dengan menyantuni yatim, Atas dasar tersebut, Para guru dan wali murid di SDN Kraton 02 Bangkalan mengumpulkan sebagian rezekinya untuk disumbangkan kepada anak yatim dan kaum dhuafa.” Tutur Sahmol sapaan akrabnya.

Lanjut Sahmol menambahkan, memperingati Tahun Baru Islam dengan berbagi kepada anak-anak yatim adalah mencari keridhoan Allah SWT dan meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT serta menambah kecintaan kita kepada Rasulullah SAW.

Dengan peringatan Tahun Baru Islam 1444.H ini dapat memupuk pribadi yang baik suka berderma dan suka berkasih sayang, mempererat persaudaraan sesama muslim/teman, Saling membantu dalam beramal baik dan juga menumbuhkan semangat kepedulian dan rasa terhadap sesama.”Jelasnya.

“Tak kalah pentingnya adalah meningkatkan kepekaan sosial, dan mengajarkan pentingnya saling berbagi dan peduli terhadap anak-anak yatim.” Papar Sahmol.

Sementara Koordinator Wilayah (Korwil) Pendidikan Kecamatan Bangkalan Samsuri, M.Pd menambahkan, Dirinya sangat bersyukur, pihak sekolah dapat membantu sedikit meringankan beban hidup anak-anak yatim.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat, dan ini adalah salah satu wujud kepedulian tenaga pendidik yang ada di Kecamatan Bangkalan, Kabupaten Bangkalan Jawa Timur.” Tandasnya.

Ia menegaskan, Di era globalisasi seperti sekarang ini, Ilmu, Amal dan Teknologi memang harus dikombinasikan sedemikian rupa, Sehingga, menghasilkan keseimbangan yang menakjubkan antara kedahsyatan ilmu pengetahuan dengan sikap yang mulia. Imbuh Korwil.

Leave a Reply

Your email address will not be published.