Berita  

Pangkogabwilhan III Menerima Kunjungan Deputy Commanding General U.S. Army Pacific

JAKARTA — Metroliputan7.com.- Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III Letjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr.(Han) menerima kunjungan Deputy Commanding General U.S. Army Pacific (USARPAC), Lieutenant General James B. Jarrard beserta rombongan, bertempat di Mako Kogabwilhan III Kompleks Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (11/8/2022).

Kehadiran Deputy Commanding General USARPAC beserta rombongan disambut oleh Pangkogabwilhan III beserta staf untuk melaksanakan Courtesy Call. Kegiatan diawali Foto Bersama, rombongan diarahkan menuju ruang tamu, yang selanjutnya acara tatap muka yang berlangsung penuh dengan keakraban dan cair walaupun ada hal-hal yang serius sifatnya.

Lieutenant General James B. Jarrard menyampaikan kehadirannya ini merupakan rangkaian kegiatan Latihan Bersama (Latma) Super Garuda Shield 2022, di mana kedua belah pihak menyampaikan apresiasi yang tinggi atas pelaksanaan latihan bersama yang dihadiri 13 Negara dan untuk pertama kali bisa hadir di Indonesia dan khususnya kunjungan ke Kogabwilhan III, sangat terasa keramahan dan nuansa persahabatan yang ada di Indonesia.

Di samping keindahan alamnya, ia berharap ke depan dalam upaya perdamaian dunia khususnya Kawasan Asia Pasifik, Kerja sama ini perlu dipertahankan dan ditingkatkan, disampaikan juga Indonesia merupakan Negara yang penting bagi Amerika. Lieutenant General James Jarrard juga mengapresiasi peran Kogabwilhan III dalam menjaga stabilitas keamanan di wilayah Indonesia bagian timur.

Sementara itu, Pangkogabwilhan III menyambut gembira kehadiran Deputy Commanding General USARPAC di Kogabwilhan III. Ini merupakan kali kedua jajaran US Army mengunjungi Kogabwilhan III, di mana beberapa bulan sebelumnya dilaksanakan Courtesy Call Atase Pertahanan Amerika Serikat, Colonel Theodore Liebriech beserta rombongan yang membicarakan kemungkinan rencana Kerja sama Repatriasi tentang kerangka jenazah pasukan AS pada Perang Dunia II yang ada di wilayah jajaran Kogabwilhan III, tentunya dilaksanakan setelah adanya MoU antara Kemenhan RI dengan U.S DOD (Kementerian Pertahanan AS) terkait Repatriasi tersebut.

“TNI bersama INDOPACOM Amerika Serikat serta sebelas negara sahabat lainnya sedang melaksanakan Latihan Bersama Super Garuda Shield 2022 di wilayah Baturaja, Sumatera Selatan dan Amborawang, Kalimantan Timur yang dibuka oleh Panglima TNI Bapak Jenderal TNI Andika Perkasa dalam rangka meningkatkan hubungan multilateral,” pungkas Letjen Cantiasa.

Lawatan Pertama Deputy Commanding General USARPAC ke Indonesia ini di samping membangun kerja sama militer di bidang profesionalisme kedua Angkatan Bersenjata, juga membangun kepercayaan kedua negara sebagai masyarakat International.

Dalam pembicaraan dibahas bahwa komunikasi yang baik dari para Panglima kedua negara yang diawali strategi dialog dilanjutkan kunjungan dan akhirnya bisa melaksanakan Latihan Bersama seperti saat ini Super Garuda Shield 2022 sangat luar biasa. Di akhir diskusi, juga terbuka kemungkinan Pangkogabwilhan III untuk melaksanakan Kunjungan Kerja balasan ke Markas Besar USARPAC di Fort Shafter, Hawaii.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *