Berita  

Pimpin Prasetya Perwira Tahun 2022, Presiden Jokowi Lantik 754 Perwira Remaja TNI dan Polri

Jakarta — Metroliputan7.com.- Para perwira yang dilantik oleh Presiden, terdiri atas lulusan Akademi Militer sebanyak 292 orang, lulusan Akademi Angkatan Laut sebanyak 107 orang, lulusan Akademi Angkatan Udara sebanyak 109 orang, dan lulusan Akademi Kepolisian sebanyak 246 orang.

Presiden Joko Widodo bertindak sebagai inspektur upacara dalam Prasetya Perwira (Praspa) TNI-Polri tahun 2022 yang digelar di halaman Istana Merdeka, Jakarta, pada Kamis, 14 Juli 2022. Dalam kesempatan tersebut, Kepala Negara melantik dan mengambil sumpah para calon perwira remaja (capaja) yang berjumlah 754 orang dari matra TNI dan Kepolisian.

“Bahwa saya akan memenuhi kewajiban perwira dengan sebaik-baiknya terhadap bangsa Indonesia dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945,” ujar Presiden mendiktekan sumpah perwira TNI dan Polri.

Pengambilan sumpah tersebut secara simbolis diwakili oleh empat perwira menurut agama yang dianut, yakni Muhammad Arief Rachman (Akademi Militer) sebagai perwakilan beragama Islam, Patih Agung Purba (Akademi Angkatan Laut) sebagai perwakilan beragama Protestan, Jeremy Hugo Farrel Suryadi (Akademi Angkatan Udara) perwakilan beragama Katolik, dan Kadek Ayu Widya Lestari (Akademi Kepolisian) sebagai perwakilan beragama Hindu.

Para perwira yang dilantik oleh Presiden, terdiri atas lulusan Akademi Militer sebanyak 292 orang, lulusan Akademi Angkatan Laut sebanyak 107 orang, lulusan Akademi Angkatan Udara sebanyak 109 orang, dan lulusan Akademi Kepolisian sebanyak 246 orang. Pelantikan tersebut didasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 44/TNI Tahun 2022 dan Surat Keputusan Presiden Nomor 45/Polri Tahun 2022.

Dalam acara tersebut, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Tonny Harjono turut membacakan peraih Adhi Makayasa (lulusan terbaik) dari masing-masing akademi, yakni Rafi Naufal Afriansyah dari Akademi Militer, Elang Tri Esthi Fitrananda dari Akademi Angkatan Laut, Jeremia Zophie Pramudya dari Akademi Angkatan Udara, dan Adira Rizky Nugroho dari Akademi Kepolisian.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyampaikan selamat dan rasa bangganya atas pelantikan para perwira remaja TNI dan Polri tersebut. Presiden memahami bahwa perjuangan para perwira remaja TNI dan Polri tersebut sangat berat dan panjang.

“Atas nama pribadi, masyarakat, bangsa, dan negara, saya menyampaikan rasa bangga dan selamat atas pelantikan Saudara-Saudara para perwira, para kesatria muda sebagai perwira remaja TNI dan Polri,” ujar Presiden.

Turut hadir dalam upacara Praspa TNI-Polri Tahun 2022 adalah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Dudung Abdurachman, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono, dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Fadjar Prasetyo.

Leave a Reply

Your email address will not be published.