Berita  

Plh. Bupati Berharap, Karang Taruna Mampu Warnai Pembangunan Di Era Disrupsi

Pasuruan — Metroliputan7.com.- Sebagai organisasi kepemudaan yang dinamis dan adaptif terhadap perubahan jaman, Karang Taruna diharapkan menjadi pelopor di masyarakat. Sehingga mampu memberikan warna tersendiri untuk mendukung pembangunan Kabupaten Pasuruan. Harapan itu disampaikan Plh. Bupati Mujib Imron pada saat hadir dalam Pengukuhan Pengurus Karang Taruna Kabupaten Pasuruan Masa Bhakti 2022-2027.

Tentunya harapan yang disematkan dihadapan seluruh pengurus terpilih tersebut selaras dengan spirit pengukuhan Karang Taruna sebagai wadah generasi muda. Yakni sebagai media pengembangan diri, tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran yang berorientasi kepada tercapainya kesejahteraan sosial bagi masyarakat.

“Sesuai tema kegiatan hari ini, “Bersatu Padu”. Artinya, Karang Taruna harus bahu-membahu ikut andil dalam pengambilan kebijakan Pemkab Pasuruan. Dalam pelaksanaannya, semua pengurus harus terlibat,” pesan Pengasuh Pondok Pesantren Terpadu Al Yasini tersebut yang disampaikan di Pendopo Nyawiji Ngesti Wenganing Gusti, Sabtu (23/7/2022).

Tentunya, Gus Mujib sapaannya menambahkan bahwa program Karang Taruna tidak semata hanya sebatas kegiatan kepemudaan saja. Melainkan juga lebih fleksibel mengambil perannya dalam kegiatan kemasyarakatan. Tidak terkecuali terlibat dalam program pembangunan.

“Karang Taruna bisa turt aktif mendukung kegiatan Pemkab Pasuruan. Mulai sektor ekonomi, sosialnya juga. Membantu penyaluran Bantuan Sosial, misalnya. Sekalipun ada Pendamping Desa, tapi Karang Taruna harus ikut andil dan sinergi dengan Dinas Sosial,” ujarnya dengan penuh semangat.

Di sisi lain, Plh Bupati juga menggarisbawahi tentang keleluasaan Karang Taruna sebagai penyelenggara pelatihan-pelatihan dan kegiatan. Tujuannya sudah pasti untuk kesejahteraan masyarakat lebih berkualitas, menuju masyarakat maslahat dan berdaya saing.

“Karang Taruna harus bisa menjadi penyelenggara para pemuda agar bisa menguasai IT dengan sebaik mungkin. Karena itu, kami akan mendukung bersama Pak Bupati sesuai petunjuknya supaya Karang Taruna bisa dilibatkan dalam Musrenbang di Desa dan Kecamatan untuk mengawal dan memberikan masukan kebijakan Kabupaten Pasuruan,” tutur Gus Mujib.

Di akhir arahannya, Plh. Bupati menitipkan pesannya kepada pengurus Karang Taruna terlantik agar senantiasa bersinergi dengan seluruh organisasi masyarakat. Bersatu dan berkolaborasi dengan spirit generasi muda tangguh untuk bersama-sama membangun Kabupaten Pasuruan supaya lebih maju ke depannya.

“Kami tidak akan menganak-emaskan Karang Taruna, karena semua komponen anak-anak emas Kabupaten Pasuruan. Semuanya harus bersinergi antar organisasi masyarakat. Insyaallah jajaran Pemkab Pasuruan akan bersinergi dengan Karang Taruna. Sebaliknya, Karang Taruna harus rajin berinovasi dan kreatif,” urainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.