Berita  

Apel kesiapan Kirab Pusaka dan Pawai Lintas Sejarah Perayaan Grebeg Suro 1 Muharram

Ponorogo — Metroliputan7.com.-Kegiatan kirab pusaka dan pawai Lintas Sejarah serta menyambut malam 1 Muharram (suro) jajaran Polres Ponorogo melaksanakan Apel yang dipimpin oleh Kapolres Ponorogo AKBP Catur C.Wibowo, S.I.K., M.H. bertempat di Halaman mapolres Ponorogo.

Tampak hadir dalam apel tersebut Kapolres Ponorogo,PJU Polres Ponorogo dan anggota polres Ponorogo

Sambutan Kapolres Ponorogo AKBP Catur C.Wibowo, S.I.K., M.H. menyampaikan Sudah menjadi tradisi di Ponorogo untuk menyambut datangnya 1 Syuro. Dan salah satu agenda tahunan diantaranya adalah kirab pusaka.

Tiga pusaka sebagai tindih pemerintahan Kabupaten Ponorogo yang sudah menjadi tradisi dikirabkan diantaranya, Payung Songsong Tunggul Wulung, Tombak Tunggul Nogo dan Sabuk Cinde Puspito.

Kirab sebagai tradisi pembawa pusaka ini diberangkatkan sekitar dari Makam Batoro Katong menuju Paseban Alun-alun Ponorogo. Acara tersebut diikuti arak-arakan para pejabat daerah mulai dari Bupati hingga jajarannya, juga diikuti oleh pelajar maupun berbagai organisasi yang ada di Ponorogo.
“Kegiatan ini Pihak Polres terjunkan 409 personil gabungan TNI ditempat kan dibeberapa titik tempat keramaian untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakatnya “ucapnya

Kapolres menambahkan terkait pengamanan malam pergantian tahun baru Islam guna menjaga kondusifitas Kamtibmas di wilayah Ponorogo, Sekaligus memberi rasa aman serta nyaman warga masyarakat .

Selain itu, Kapolres Ponorogo menghimbau karena saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19 dan pemberlakuan PPKM level 4, maka pada peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 Hijriyah agar tidak ada kegiatan yang menimbulkan kerumunan massa.

“Kita akan berpatroli di berbagai wilayah ponorogo Untuk menjaga tetap aman, kondusif dan patuh protokol kesehatan,” tegasnya

Sementara masyarakat juga dihimbau agar tetap di rumah saja, tidak ada berpergian untuk liburan di tanggal merah, tidak mengadakan kegiatan, lebih baik dengan mengisi kegiatan positif berupa ibadah dan berdoa di rumah.

Agar diantisipasi kenaikan kasus Covid-19 dengan tetap mematuhi prokes, dihimbau kepada semua pihak tidak boleh lengah.

“Semua itu agar pergantian tahun baru Islam membawa keberkahan buat kita semua dan pandemi Covid-19 segera berlalu,” tandasnya.

Selesai melaksanakan apel, anggota yang sudah tersprin segera menempatkan diri di lokasi pengamanan yang telah ditentukan. Sementara Kapolres Ponorogo memimpin langsung kegiatan blue light patroll .

Leave a Reply

Your email address will not be published.