Berita  

Pranaya Yudha Legislator DPRD Jawa Timur, Apresiasi CondroAjiNusantara Adakan Pameran Keris dan Tosan Aji

Surabaya — Metroliputan7.com.- Pameran Keris dan tosan aji digelar di Maspion Square, Jalan. Achmad Yani, No. 75 Kota Surabaya, berlangsung mulai 13-17 Agustus 2022 mendapat perhatian dan apresiasi dari berbagai pihak.

Termasuk salah satunya dari seorang Anggota DPRD Jawa Timur dari Fraksi Partai Golkar, Pranaya Yudha Mahardika. Rabu (17/8/2022).

Anggota Komisi C DPRD Jawa Timur ini menyempatkan hadir dan melihat secara langsung koleksi keris dan tosan ajj yang dihelat Paguyuban Condro Aji Nusantara.

Menurut Pranaya Yudha Mahardika, dalam budaya Indonesia terutama di wilayah Jawa Timur sangatlah kaya dan beragam, baik itu budaya yang berupa seni maupun berupa kebendaan dalam hal ini bisa keris, batu akik maupun benda-benda lainnya.

“Untuk keris di sini bukan hanya terkait hal mistik dibalik penciptaan atau perolehan keris tersebut, namun lebih kepada kaidah seni dan unsur budaya dibalik sebilah keris tersebut,” kata dia.

Dia menjelaskan, seiring perkembangan zaman dan teknologi budaya, barang-barang pusaka seperti keris dan yang lainnya sudah mulai ditinggalkan, atau bahkan kaum milenial saat ini tidak mengenal atau mengetahui bagaimana bentuk keris dan maupun produk budaya berupa kebendaan.

Terlihat pengunjung yang datang untuk melihat keris pusaka dan tosan aji ini tidak dikenakan tiket alias gratis, tetapi tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Dalam pameran ini juga banyak ditampilkan koleksi-koleksi keris pusaka maupun tosan aji dari para kolektor yang juga merupakan anggota Paguyuban Condro Aji Nusantara.

Selain pameran keris dan tosan aji, dalam kegiatan tersebut juga digelar bursa tosan aji, lomba-lomba, demo tosan aji dan workshop tosan aji lomba tari, lomba memakai busana dengan keris, dan lomba lomba yg terkait budaya dan tosan aji dalam rangka HUT Kemerdekaan R.I yang Ke 77.

Hingga hari keempat berlangsungnya pameran tersebut telah di hadiri banyak pengunjung dan terjadi transaksi jual beli keris maupun tosan aji.

Selain itu, kehadiran legislator Pranaya Yudha Mahardika menambah suasana semakin hangat. Kehadirannya bersama anak istrinya tersebut di dampingi Ketua Paguyuban Condro Aji Nusantara, Teffy Gendrayana beserta kluarga juga salah satu cara untuk mengenalkan kepada mereka tentang peninggalan nenek moyang kita.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan pameran keris pusaka dan tosan aji ini. Hal ini sebagai wujud upaya pelestarian budaya khususnya budaya di Jawa Timur dan semoga lebih mengedukasi anak-anak muda untuk peduli terhadap budaya leluhurnya,” imbuh dia.

Apalagi sambung dia, keris bukan hanya sebuah benda seni yang bernilai tinggi tapi juga merupakan sebuah perwujudan tingkat kemajuan teknologi peradaban manusia. Seorang empu pembuat keris dinilai mempunyai kemampuan bagaimana bisa mencampurkan beberapa bahan material hingga bisa menjadi sebilah keris dengan tanpa menggunakan mesin.

“Hal ini tentu akan sangat rigit apabila dijelaskan dengan teknologi saat ini dan proses penciptaan sebilah keris ini juga merupakan sebuah proses spiritual,” terang dia.

Juga, Pranaya Yudha Mahardika mendorong kegiatan serupa bisa kembali diadakan guna melestarikan  budaya bangsa, khususnya di wilayah Jawa Timur.

“Dorongan ini tentu juga bukan hanya dari saya, tapi juga harus dari pemerintah, bagaimana turut memperhatikan pelestarian budaya dan seni, khususnya yang bersifat kebendaan seperti keris dan tosan aji ini.” kata dia.

Kata Politisi muda Partai Golkar lagi, apabila tanpa perhatian dari pemerintah akan dirasa percuma dan kedepannya akan kehilangan budaya khas yang merupakan jati diri budaya bangsa.

Pasalnya bukan hanya pada soal pelestarian budaya saja dalam kegiatan tersebut, akan tetapi karena didalamnya ada juga geliat ekonomi yang sudah tentu ada transaksi ekonomi bagi para pengiat tosan aji ini.

“Hal tersebut juga tentu juga menjadi harapan semua kolektor-kolektor atau pelestari-pelestari budaya dan terima kasih kepada semua pihak yang turut sukseskan acara ini”,pungkas dia.
Sedangkan itu, Ketua Paguyupban Condro Aji Nusantara, Teffi Gendrayana,
atas terselenggaranya pameran keris dan tosan aji tersebut mengatakan terima kasih kepada semua pihak yang turut serta suskseskan kegiatan tersebut.

” Harapannya kegiatan semacam ini dapat kembali digelar dan terima kasih banyak kepada semua pihak yang ikut sukseskan acara ini, juga kepada Anggota Komisi C DPRD Jawa Timur, Pranaya Yudha Mahardika atas support dan kehadirannya dalam kesempatan ini”,singkat dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *