Berita  

Sukses! Pawai Pembangunan di Samarinda Berlangsung Meriah

SAMARINDA — Metroliputan7.com.- Wali Kota Samarinda Dr. H. Andi Harun dan Wakil Wali Kota Samarinda Dr. H. Rusmadi beserta istri masing-masing menghadiri Pawai Pembangunan dan Karnaval Budaya Nusantara Tahun 2022 dalam Rangka HUT Ke-77 Kemerdekaan RI, Sabtu (20/08/2022).

Hadir pula Gubernur Kaltim Dr. H. Isran Noor dan Wakilnya H. Hadi Mulyadi, Ketua DPRD Kaltim Drs. H. Makmur Hapk, MM, FORKOPIMDA Samarinda, Sekretaris Kota, Staf Ahli, Asisten, Kepala Perangkat Daerah (KPD), camat se-kota Samarinda, Kepala Bagian Setda, serta Para Dirut BUMD yang ada di kota Pusat Peradaban Samarinda.

Para pejabat dan tokoh daerah tersebut menempati panggung kehormatan yang terletak di Taman Samarendah sejak pukul 07.00 wita. Sementara masyarakat Samarinda juga terlihat antusias memenuhi lokasi sekitar panggung dan sepanjang jalan yang menjadi rute pawai pembangunan tahun 2022 ini.

Tampak sekali warga kota Samarinda begitu merindukan acara tahunan menyambut Ulang Tahun Kemerdekaan RI ini. Selama pandemi sekitar 3 tahun, masyarakat benar-benar tidak bisa bebas beraktifitas. Bahkan kegiatan-kegiatan penting yang selama ini sudah menjadi rutinitas pemerintahpun tidak bisa diselenggarakan.

Dengan melandainya tingkat pandemi dan semakin melonggarnya protokol kesehatan, membuat aktifitas ekonomi, keagamaan, bahkan hiburan kini sudah mulai normal. Dan hari ini pemerintah kota Samarinda, melalui Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata menggelar pawai pembangunan kembali. Acara yang sangat dirindukan masyarakat kota Samarinda ini, diikuti tidak kurang dari 371 kelompok yang telah mendaftar ke panitia lomba. Ada tiga kategori peserta yakni kelompok pejalan kaki, kelompok drumband dan kelompok mobil hias.

 

Titik kumpul peserta pawai, bagi pejalanan kaki dan drumband dipusatkan di lapangan GOR Segiri. Sedangkan kelompok mobil hias di lingkungan Balaikota hingga Jalan Dahlia dan seterusnya. Para peserta kemudian menempuh rute dari Jl. Kesuma Bangsa, Jl. Bayangkara, Jl. Awanglong, Jl. Jenderal Sudirman, Pasar Pagi, Jl. KH. Khalid, Jl. Diponegoro, Jl. Imam Bonjol, Jl. Basuki Rahmat, Jl. Agus Salim, dan Finis di Jl. Kesuma bangsa kembali.

Penyusunan barisan diatur sedemikian rupa yakni di setiap 6 kelompok pejalan kaki akan diselingi dengan 1 grup drimband. Tujuannya untuk pemerataan suasana pawai, dimana kemeriahan lantunan musik drumband dapat dirasakan hampir di seluruh bagian pawai.

Untuk mengantisipasi persoalan kesehatan, terutama bagi peserta pawai, panitia menyiapkan lima posko kesehatan di lima titik yang ada dalam rute pawai. Posko kesehatan dibangun dekat panggung Kehormatan depan taman Samarendah Jl. Bhayangkara, Simpang Bank Kaltim Jl. Awang Long, Simpang Pasar Pagi, dekat SD Jl. Imam Bonjol, dan Depan GOR Segiri Jl. Kesuma Bangsa.

Untuk meminimalisir kemungkinan adanya banyak sampah di jalur (rute) pawai, panitia akan menyediakan kantong-kantong penampung sampah. Selain itu perilaku berkenaan dengan kebersihan (membuang sampah) ini akan dijadikan salah satu poin penilaian, sehingga peserta pawai pembangunan tidak sembarangan mebuang sampah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *