Berita  

Tutup Grebeg Suro 2022, Emil Dardak: Festival Nasional Reog Ponorogo Jadi Bukti Reog adalah Kesenian Asli Ponorogo

PONOROGO — Metroliputan7.com.- Grup reog Gajah Manggolo menunjukkan konsistensinya. Dalam tiga kali gelaran Festival Nasional Reog Ponorogo (FNRP), grup reog milik SMAN 1 Ponorogo itu selalu menempati posisi tiga besar. Bahkan Gajah Manggolo menjuarai FNRP XXVII yang menjadi rangkaian Grebeg Suro 2022 dan Hari Jadi ke-526 Kabupaten Ponorogo.

Pengumuman juara FNRP itu dilakukan bersamaan penutupan grebeg di panggung utama alun-alun Ponorogo, Jumat (29/07/2022) malam. Sedangkan juara I Festival Reog Mini (FRM) XVIII diraih grup reog Singo Sumowicitro (SMPN 2 Kauman) yang notabene juara bertahan. Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak, Sesmenko Perekonomian Susiwiyono Mugiarso, serta Dirjen Pembangunan Desa dan Pedesaan Kemendes PDTT Sugito ikut hadir dalam acara penutupan Grebeg Suro 2022.

Emil Dardak menegaskan, pelaksanaan FNRP dan FRM menjadi bukti bahwa reog adalah kesenian asli Ponorogo. Pihak atau negara manapun tidak lagi berhak mengklaim reog sebagai kesenian miliknya. Sedari kecil, Emil juga hanya mengenal nama Reog Ponorogo. ‘’Pertama kali kenal nama reog ya Reog Ponorogo. Tidak ada yang lain,’’ tegas Emil.

Dia berharap FNRP dan FRM harus terselenggara sampai kapanpun. Apalagi, FNRP kini resmi masuk kalender Kharisma Event Nusantara (KEN). Emil mengapresiasi upaya Pemkab Ponorogo yang mampu rutin meyelenggarakan festival reog selama hampir tiga dasa warsa. ‘’Kata reog dan Ponorogo tidak lagi dapat dipisahkan. Reog itu Ponorogo, Ponorogo itu ya reog,’’ jelasnya.

Sementara itu, Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko mengungkapkan bahwa reog bersifat universal. Terbukti, nyaris separo dari 27 peserta FNRP adalah grup reog dari luar Ponorogo. Kesenian reog akan dimainkan lebih banyak orang selain di Ponorogo, tempat asalnya. ‘’Kami juga mengenalkan lagi reog obyok yang lebih spontan. Akan ada parade reog obyok pada bulan Agustus,’’ katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *