Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

Wujudkan Generasi Sehat Dan Tangguh, Pemkab Pasuruan Canangkan Gerakan BIAN, GEMARIKAN & GERMISU

358
×

Wujudkan Generasi Sehat Dan Tangguh, Pemkab Pasuruan Canangkan Gerakan BIAN, GEMARIKAN & GERMISU

Share this article
Example 468x60

Pasuruan — Metroliputan7.com.- Ada banyak cara yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Pasuruan dalam mewujudkan generasi sehat dan tangguh. Seperti halnya yang dilaksanakan hari ini, Selasa (23/8/2022) di Taman Candra Wilwatikta, Kecamatan Pandaan.

Bupati Irsyad Yusuf bersama Wakil Bupati Mujib Imron mencanangkan gerakan BIAN (Bulan Imunisasi Anak Nasional), GEMARIKAN (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) dan GERMISU (Gerakan Minum Susu). Ketiga program yang saling berkorelasi tersebut digencarkan dalam momen yang bersamaan, menghadirkan ratusan siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) didampingi guru dan orang tua.

Example 300x600

“Kami canangkan gerakan BIAN, GEMARIKAN dan GERMISU dalam satu waktu sekaligus untuk membentuk generasi kuat dan sehat. Tentunya untuk mewujudkan Kabupaten Pasuruan yang maslahat. Mari kita dukung bersama-sama,” ujar Bupati dalam sambutannya.

Maka dari itu, dibutuhkan partisipasi aktif dari seluruh pemangku kepentingan di Kabupaten Pasuruan untuk menyukseskannya. Sekaligus mampu mempersuasi serta mengajak seluruh masyarakat untuk terlibat di dalamnya. Baik dalam melakukan imunisasi dengan mendatangi pos pelayanan imunisasi terdekat, membudayakan mengkonsumsi ikan maupun minum susu.

“Saya mengapresiasi semua pihak yang mendukung terlaksananya program BIAN, GEMARIKAN dan GERMISU di Kabupaten Pasuruan. Baik lintas program maupun lintas sektor, akademisi, pelaku usaha, organisasi masyarakat dan lain-lain. Sehingga di masa yang akan datang, pembangunan kesehatan akan terus mengalami kemajuan serta dapat mewujudkan Kabupaten Pasuruan yang sejahtera, maslahat dan berdaya saing,” tutur Kepala Daerah.

Pencanangan ketiga program tersebut ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Pasuruan, didampingi oleh Wakil Bupati dan ketiga Kepala OPD terkait. Masing-masing, Kepala Dinas Kesehatan, dr Ani Latifah; Kepala Dinas Perikanan, Alfi Khasanah dan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Diana Lukita Rahayu. Berikut Ketua Tim Penggerak PKK, Lulis Irsyad Yusuf dan Wakil Ketua I Tim Penggerak PKK, Nanik Asnawati dan jajaran Forkopimda Kabupaten Pasuruan. Diantaranya, Kepala Kejaksanaan Negeri (Kajari), Ramdhanu Dwiyantoro.

Selang beberapa waktu kemudian, rangkaian acara dilanjutkan dengan minum susu Sapi dalam kemasan secara bersama-sama, dikomandoi oleh Bupati dan Wakil Bupati. Diikuti secara massal oleh seluruh siswa-siswi SD yang turut-serta dalam kegiatan. Seperti SD ABC yang berlokasi di Taman Dayu dan SD Candi Wates, Kecamatan Pandaan.

Keceriaan tercipta selama kegiatan berlangsung, Bupati mengajak siswa-siswi SD yang hadir untuk menyanyi bersama beberapa lagu anak-anak. Sembari mengajak bercengkerama tentang pentingnya makanan sehat, yaitu minum susu dan makan ikan untuk kesehatan dan kecerdasan tumbuh-kembangnya. Gayung bersambut, tampak ratusan pelajar usia belia tersebut larut dalam sukacita bernyanyi bersama sembari mengibarkan bendera kecil warna-warni bergambar aneka jenis ikan.

Diketahui, untuk memulihkan cakupan imunisasi dasar lengkap yang tidak optimal akibat pandemi, Pemerintah Kabupaten Pasuruan menyelenggarakan BIAN. Lokasinya di fasilitas kesehatan (Posyandu dan Puskesmas) terdekat dengan sasaran, bayi usia 5-59 bulan/balita.

Demikian juga dengan GEMARIKAN, program nasional sebagai upaya meningkatkan konsumsi ikan di masyarakat. Diharapkan bisa menjadi budaya, sehingga tercipta generasi yang sehat, kuat dan cerdas. Terlebih ikan mengandung protein, asam lemak omega 3, kandungan lemak jenuh yang rendah dan sumber vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan.

Masih menjadi satu “paket bundling” dalam upaya menginisiasi masyarakat untuk hidup lebih sehat, Pemerintah Kabupaten Pasuruan juga mengeluarkan kebijaksanaan strategis yakni gerakan minum susu. Sebuah gerakan aktif dari masyarakat dalam mengkonsumsi susu, baik susu segar maupun hasil olahannya. Targetnya tidak lain untuk meningkatkan kesehatan dan kecerdasan penerus generasi bangsa.

Hadir dalam kegiatan bertema “Anak Sehat, Cerdas & Kuat Menuju Pasuruan Maslahat” tersebut, Kepala Dinas Kesehatan serta Kepala Dinas Kelautan dan Dinas Perikanan Provinsi Jawa Timur. Turut hadir pula Kepala Perangkat Daerah dan Camat se-Kabupaten Pasuruan. Berikut Forkopimca Pandaan, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan se-Kabupaten Pasuruan, perwakilan Kepala Puskesmas dan Forkopimda Kabupaten Pasuruan.

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *